Gandeng Milenial, Luhut Tak Ingin Gagasan Poros Maritim Hanya Sekedar Slogan

loading...
Gandeng Milenial, Luhut Tak Ingin Gagasan Poros Maritim Hanya Sekedar Slogan
Jangan hanya sekedar jadi slogan, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mencatat gagasan poros maritim penting dipahami generasi bangsa saat ini. Foto/Dok
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mencatat gagasan poros maritim penting dipahami generasi muda atau milenial bangsa saat ini. Terutama, isu-isu kelautan, perikanan, hingga hukum laut.

Poros maritim merupakan gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut, hingga fokus pada keamanan maritim nasional.

Baca Juga: Pendidikan Vokasi Pascasarjana Terapan STIP Lahirkan SDM Unggul Bidang Kemaritiman

Luhut menyebut, transfer pengetahuan ihwal konsep maritim kepada anak bangsa menjadi tugas bersama. Sebab, putra-putri Tanah Air akan menentukan masa depan Indonesia. Karena itu, poros maritim tidak sekadar menjadi slogan semata.



"Generasi muda tentu akan menentukan masa depan bangsa ini, khususnya masa depan kedaulatan Indonesia dalam mewujudkan poros maritim dunia, ini jangan hanya sekedar jadi slogan,” ujar Luhut, Selasa (27/7).

Generasi muda, kata dia, perlu melanjutkan semangat juang Mochtar Kusumaatmadja dan Hasjim Djalal dalam menegakkan kekuatan hukum laut yang mampu melahirkan Deklarasi Juanda dan Prinsip Negara Kepulauan.

Baca Juga: Refleksi Akhir Tahun, Saatnya Pembaharuan Hukum Kemaritiman Indonesia

Perjuangan menegakkan kedaulatan dan hak berdaulat Indonesia merupakan perjuangan yang panjang dan berkelanjutan, dimana generasi muda harus terus mengawal demi kesejahteraan bangsa.

“Sebagai bangsa yang besar, kita harus bekerja dengan hati, kita buktikan ke dunia kalau kita ini adalah bangsa yang kuat,” tutur dia.

Walaupun pandemi Covid-19 sedang melanda bangsa ini, Luhut mencatat, semangat anak muda untuk terus belajar tidak boleh padam. Sebab, Indonesia sendiri yang menentukan masa depannya.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top