Dukungan Anggaran dan Kebijakan Pacu UMKM Go Digital dan Go Global

Jum'at, 30 Juli 2021 - 10:29 WIB
loading...
A A A


Pemerintah, lanjut Airlangga, juga menyambut baik terhadap seluruh upaya untuk meningkatkan kemampuan UMKM menembus pasar global. Antara lain ajang “Kreasi Nusantara, From Local to Global” yang memasilitasi penjualan produk lokal ke Malaysia dan Singapura; “BukaGlobal” yang memasilitasi pembelian produk lokal oleh para customer dari Malaysia, Singapura, Brunei, Hongkong, dan Taiwan; dan “ASEAN Online Sale Day” yang bertujuan meningkatkan transaksi lintas batas e-commerce di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, pemerintah menugaskan secara khusus kepada LPEI/Eximbank untuk mendukung pembiayaan ekspor bagi UKM yang berorientasi ekspor dengan alokasi sebesar Rp500 miliar untuk disalurkan oleh LPEI/Eximbank.

Lebih lanjut, Airlangga menyatakan bahwa dalam UU Cipta Kerja pelaku UKM saat ini juga didorong untuk memanfaatkan peluang kemitraan dengan usaha besar.

Dalam hal ini, Pemerintah memfasilitasi kemitraan Usaha Menengah dan Besar (UMB) dengan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) termasuk koperasi, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan level usaha dari pelaku UMK dan Koperasi.

“Pemerintah telah memberikan dukungan kebijakan bagi pelaku usaha untuk melakukan ekspansi global. Berbagai upaya dan program peningkatan ekspor UMKM yang telah diinisiasi oleh Pemerintah dengan dukungan pihak swasta tersebut perlu terus diperkuat dan disinergikan oleh berbagai pihak,” paparnya.

(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)