Dukung UMKM Jabar Go Ekspor, Kampus UMKM Shopee Ekspor dan Kurikulum Vokasi Shopee Resmi Diluncurkan

Kamis, 05 Agustus 2021 - 19:00 WIB
loading...
A A A
Menurut Christin, pihaknya memang akan memberikan kurikulum dan kesempatan magang bagi siswa/i di Jawa Barat. "Dengan adanya kerja sama ini semoga tidak hanya industri saja yang berubah ke arah digital, tetapi SDM kita juga turut dipersiapkan menyambut tidak hanya percepatan revolusi digital, tetapi juga akselerasi untuk Go Global," katanya.

Melalui pendampingan, edukasi, dan pelatihan yang komprehensif untuk semakin banyak
mewujudkan eksportir dari Jawa Barat, Kampus UMKM Shopee Ekspor dilengkapi dengan
fasilitas dan layanan bagi para pelaku UMKM dalam memenuhi kebutuhan bisnis, yaitu:

1 Edukasi bagi UMKM
Ini adalah layanan utama yang diberikan oleh Kampus UMKM Shopee Ekspor. Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas menarik yang akan diberikan oleh mentor terdedikasi. Kelas-kelas tersebut mencakup pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan sellercentre, pengembangan usaha, fitur-fitur penunjang bisnis yang disediakan oleh Shopee serta materi-materi terkait ekspor. Saat ini, kelas-kelas tersebut dapat diakses secara online selama masa PPKM dan akan beroperasi kembali saat situasi sudah mulai kondusif dengan protokol kesehatan yang ketat.

2. Pendampingan Bisnis bagi UMKM
Layanan ini untuk mengakomodir masukan dan pertanyaan dari para pelaku UMKM oleh Trainer Shopee dan tim Customer Service berdedikasi. Trainer Shopee dan Customer Service disediakan sebagai perpanjangan tangan dari para pelaku UMKM dalam pendampingan bisnis mulai dari pendaftaran dan pembukaan toko hingga peningkatan performa bisnis melalui pemberian edukasi.

3. Fasilitas pendukung performa bisnis UMKM
Sebagai upaya turut menunjang bisnis dari pelaku UMKM, Shopee menghadirkan berbagai fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan dengan melakukan reservasi terlebih dahulu. Fasilitas tersebut meliputi ruangan training, ruangan rapat, studio foto, ruangan livestreaming, Pusat Ekspor, Pusat Edukasi dan simulasi sistem gudang.
Dukung UMKM Jabar Go Ekspor, Kampus UMKM Shopee Ekspor dan Kurikulum Vokasi Shopee Resmi Diluncurkan

Ridwan Kamil sedang mencoba fasilitas live streaming di Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung

Shopee mencatatkan adanya peningkatan transaksi harian hingga 6 kali lipat dalam kurun waktu setengah tahun (Juni 2020-Januari 2021) di Program Ekspor Shopee. Melanjutkan komitmen tersebut, pada Februari 2021, 1,5 juta produk pedagang lokal berhasil diekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Program Ekspor Shopee ini juga akan terus dikembangkan dengan menambahkan jangkauan ekspor baru. Tidak hanya di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand dan Vietnam yang telah berjalan sejak bulan Maret, tapi juga telah merambah ke Amerika Selatan, yaitu Brasil Kolaborasi yang dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu dari berbagai kontribusi Shopee dalam mendukung program pemerintah untuk memajukan UMKM.

Shopee Indonesia juga turut berkolaborasi dengan Sekolah Ekspor untuk dapat mewujudkan tercetaknya 500 ribu eksportir baru hingga 2030. Program kolaborasi antara Shopee dengan Sekolah Ekspor ini turut didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dan sudah dimulai
sejak awal Maret 2021. CM
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)