Erick Thohir Sambut Terpilihnya Pebasket Spanyol Jadi IOC Member

Senin, 09 Agustus 2021 - 06:00 WIB
loading...
Erick Thohir Sambut Terpilihnya Pebasket Spanyol Jadi IOC Member
Foto/FCBarcelona
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN sekaligus anggota International Olympic Committee atau Komite Olimpiade Internasional (IOC Member) Erick Thohir menyambut gembira terpilihnya pebasket asal Spanyol, Pau Gasol, menjadi IOC Member yang baru. Gasol terpilih saat sidang IOC yang digelar Rabu (3/8/2021) kemarin.

Legenda bola basket Negeri Matador itu akan menempati posisi barunya hingga tujuh tahun ke depan. Erick menilai, Gasol layak menempati posisi itu di Komite Olimpiade Internasional.

Penilaian itu berdasarkan prestasi yang sudah ditorehkan, ketika Gasol tercatat dua kali juara di liga bola basket pria di Amerika Serikat (NBA) dan tiga kali meraih medali Olimpiade.

Baca juga:Tolak Vaksin karena Merasa Bugar, Binaragawan Inggris Meninggal Akibat Covid-19

"Sebagai sesama pecinta bola basket, saya menyambut gembira karena legenda basket dunia dan NBA, Pau Gasol, terpilih menjadi IOC member yang baru," ujar Erick dalam keterangan pers, dikutip Senin (9/8/2021).

Keberadaan Gasol, kata Erick, akan membawa angin segar, sebab dia dikabarkan masih akan bermain untuk klub Barcelona di Spanyol, sehingga keberadaannya tak hanya akan mewakili klub, tapi lebih luas.

"Baik ketika mempromosikan nilai-nilai olimpiade, olahraga basket atau terlibat dalam proyek-proyek yang berkaitan dengan anak-anak," katanya.

Baca juga:Terbatas, Toyota GR Supra 35th Anniversary Edition Dijual dengan Sistem Undian

Atlet berusia 41 tahun itu dipilih setelah bersaing dengan 30 calon lainnya. Dia mendapat dukungan 1.888 suara dari 6.800 suara yang diberikan para atlet untuk memilih perwakilan di empat kursi komisi atlet IOC yang kosong.

Saat pemilihan berlangsung, Gasol sedang bermain selama enam menit ketika Spanyol kalah 95-81 dari Amerika Serikat di perempat final.

Gasol memiliki masa jabatan di IOC Member selama tujuh tahun hingga Olimpiade 2028 di Los Angeles. Tiga anggota baru lainnya di Komisi Atlet IOC terdiri dari pesepeda asal Polandia, Maja Martyna WĹ‚oszczowska, atlet renang Italia, Federica Pellegrini, dan Yuki Ota atlet anggar dari Jepang.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)