Rachmat Gobel Dorong UMKM Terima Insentif seperti Perusahaan Besar

Rabu, 11 Agustus 2021 - 20:21 WIB
loading...
Rachmat Gobel Dorong UMKM Terima Insentif seperti Perusahaan Besar
Rachmat Gobel menjelaskan yang paling penting untuk mendapatkan perhatian dan dukungan adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel mengakui semua sektor usaha saat ini jelas mengalami dampak akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Gobel menyampaikan hal itu saat mengunjungi Sentra Vaksinasi NasDem Peduli di Gelanggang Remaja Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (11/8/2021).

"Saat ini semua sektor merasakan, dan tentunya ini harus mendapatkan dukungan," kata Wakil Ketua DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) ini.



Akan tetapi, jelas Gobel, yang paling penting untuk mendapatkan perhatian dan dukungan adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) . Sebab, pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sangat berdampak terhadap pelaku UMKM ini.

Oleh karena itu, dia meminta kepada pemerintah pusat dan daerah agar memperhatikan dan membangkitkan UMKM di daerahnya masing-masing.

"Yang paling penting adalah UMKM. Bagaimana mengatasi, membantu pelaku UMKM yang kena dampak. Ini harus kita jaga. Di sinilah perlu program-program yang memudahkan mereka, atau mengatasi masalah mereka di masa pandemi ini," papar Gobel.

Ketua DPP Partai NasDem itu mencontohkanUMKM yang banyak digandrungi warga saat ini yakni kuliner. Pemerintah harus aktif memberi dukungankepada pelaku UMKM kuliner ini.

"Di sini, pemerintah harus bisa memberikan pembinaan, bimbingan kepada para pelaku UMKM. Dari menjual makanan yang lebih sehat, lebih baik. Nah ini harus didorong, diberikan kepada masyarakat," urai Gobel.

Dengan begitu, Gobel mengaku yakin perekonomian masyarakat menengah ke bawah akan bertahan selama PPKM berlaku.



Mantan Menteri Perdagangan RI itu pun mengatakan, perhatian serius lainnya juga harus diberikan kepada UMKM. Dirinya menyebut jika perusahaan-perusahaan besar mendapatkan insentif dari dampak pandemi Covid-19, maka hal sama juga harus diberikan kepada UMKM.

"Yang penting ini UMKM level bawah harus ada insentif. Nah, ini yang harus dipikirkan. Yang kecil pun harus diinsentifkan," tandas legislator dari daerah pemilihan Gorontalo ini.

Sementara itu, kepada para pelaku usaha, pria kelahiran September 1962 ini menyarankan agar tetap eksis dengan cara memanfaatkan dunia teknologi yang tengah tren saat ini.

"Kepada para pelaku usaha, tentunya masih bisa melakukan pengembangan, misalnya pakai sistem online. Saya banyak melihat karyawan toko-toko menawarkan produk atau dagangannya secara online, dengan data yang dimiliki toko tersebut," terang Gobel.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)