Kay Akinwunmi: Pria Nigeria 'Pembawa Berkah' buat Para Imigran Afrika di Eropa

Kamis, 19 Agustus 2021 - 11:33 WIB
loading...
A A A
Aplikasi itu kemudian diberi nama Zazuu. Aplikasi ini menyediakan daftar perusahaan pengiriman uang dengan biaya yang terbaik yang ada di pasar. Zazuu sendiri kemudian mematok komisi atas para penggunanya.

"Kami melihat pasar dan menemukan penyedia terbaik. Kami menunjukkan semua biaya dan juga semua biaya tersembunyi. Dengan cara ini, kami mendapatkan komisi rata-rata di bawah 2% untuk pengguna kami," katanya.

Diluncurkan tahun lalu, aplikasi Zazuu kini memiliki lebih dari 2.000 pengguna aktif. Tak mudah bagi Kay untuk menghadirkan Zazuu. Salah satunya terkait dengan pendanaan.
Kay kesulitan meyakinan para investor untuk mendanai idenya itu. Maklumlah, meski baru hendak memulainya, dia menginginkan investasi yang lumayan besar, sekitar 500 ribu poundsterling atau sekitar Rp9,8 miliar.

"Ketika kami mulai, kami meminta ÂŁ500.000. Kami mendapat berbagai macam penolakan. Orang-orang mengatakan kami terlalu dini, atau kami menaikkan terlalu banyak," jelasnya.



Angka sebanyak itu membuat sejumlah investor menarik diri. Mereka, sebut Kay, berhenti membalas setiap telepon yang Kay lakukan.

Kay tak patah semangat. Dia pun melancarkan strategi baru, yaitu meminta pendanaan secara bertahap, tapi sembari menjelaskan manfaat apa saja yang didapat investor jika ingin memberikan pendanaan yang lebih.

"Kami mengatakan jika kami mengumpulkan ÂŁ150.000 hari ini, kami dapat membangun proposisi transfer uang dari ujung ke ujung. Jika kami mengumpulkan ÂŁ150.000 lebih banyak, kami bisa mendapatkan 100.000 pelanggan," jelasnya.

Menurutnya, investor lebih senang mendanai tahapan proyek tertentu daripada harus menggelontorkan dana secara penuh. Pasalnya, permintaan dana secara bertahap jauh lebih mudah dikelola investor karena mereka dapat melihat dengan jumlah yang lebih kecil bisa menambah nilai bagi perusahaan.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2283 seconds (0.1#10.140)