Proyek Strategis Pengungkit Ekonomi

Sabtu, 30 Mei 2020 - 06:02 WIB
loading...
Proyek Strategis Pengungkit Ekonomi
Foto/Koran SINDO
A A A
JAKARTA - Pandemi corona (Covid-19) tak menghentikan semangat pemerintah untuk tetap menggerakkan pembangunan. Kemarin Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan agenda strategis tetap berjalan, termasuk di dalamnya proyek strategis nasional (PSN).

Teranyar, sebanyak 245 usulan PSN baru. Jokowi menekankan proyek yang digelar 2020-2024 ini bisa menjadi bagian solusi dampak pandemi corona, termasuk mengatasi membengkaknya angka pengangguran. Target yang dipatok, PSN ini akan mampu menyerap 19 juta pekerja selama lima tahun.

Jokowi bahkan menekankan PSN yang berdampak langsung pada pemulihan ekonomi nasional dipercepat. Proyek dimaksud antara lain program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria perhutanan sosial, dan peremajaan perkebunan rakyat.

“Saya ingin memastikan bahwa program-program prioritas ini tetap berjalan, tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Saya minta agar diselesaikan secepatnya berbagai hambatan dan sumbatan dalam pelaksanaan PSN,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas di Jakarta kemarin.

Dari 245 PSN yang diusulkan, Jokowi meminta agar terlebih dulu dilakukan penghitungan cermat untuk memilih mana yang urgen direkomendasikan dan sebaiknya tidak direkomendasikan. Dia pun kembali menekankan pentingnya prioritas untuk proyek bisa menjadi solusi dampak pandemi Covid-19.

“Prioritas pada proyek yang memiliki daya ungkit besar pada pemulihan ekonomi pascapandemi. Saya kira sangat penting untuk kita dahulukan,” ungkapnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut sebanyak 89 proyek direkomendasikan menjadi PSN. Dia meyakinkan PSN dimaksud bisa menyerap 19 juta tenaga kerja dalam kurun waktu 2020 hingga 2024. (Baca: Ingin Tambah Devisa, Airlangga Pacu Proyek Energi dan Tambang)

Dia menyebut dari data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) bahwa dari setiap nilai proyek sebesar Rp1 triliun bisa menyerap belasan ribu tenaga kerja. Adapun total nilai 89 PSN adalah Rp1.442 triliun. Berdasarkan hitungan inilah muncul estimasi PSN bisa menyerah 19 juta tenaga kerja.

“Jadi, ini adalah proyek yang sifatnya adalah pembangunan. Kita lihat bahwa proyek ini dalam periode 2020-2024, ini ditargetkan bisa menyerap tenaga kerja setiap tahunnya sebanyak 4 juta. Atau, selama proyek itu berjalan, agregatnya bisa mencapai 19 juta orang yang bekerja dalam proyek selama lima tahun ini,” ucap Airlangga kemarin.

Dia menuturkan, ada kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi proyek strategis nasional (PSN). Kriterianya adalah memiliki peran terhadap perekonomian, kesejahteraan sosial, lapangan kerja dan sosial ekonomi masyarakat, serta keberlanjutan lingkungan hidup.

Selain itu, juga harus selaras dengan sektor lain, terutama pembangunan infrastruktur dengan kawasan industri, kawasan pertumbuhan ekonomi, kawasan wisata, dan proyek didistribusikan secara nasional. “Dan proyek memiliki batas nilai investasi sekitar Rp500 miliar. Walaupun ada proyek-proyek di bawah itu yang dianggap strategis dan masuk dalam PSN ini,” katanya.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini kemudian memaparkan, 89 PSN yang direkomendasikan terdiri atas 56 proyek merupakan program usulan baru, 10 proyek merupakan proyek perluasan, dan 15 proyek dikelompokkan dalam program baru dan 8 proyek ketenagalistrikan. Secara terperinci, PSN di antaranya terkait dengan jalan dan jembatan, 5 proyek bandara dengan nilai Rp5,66 triliun, 5 proyek kawasan industri dengan nilai Rp327,2 triliun, 13 proyek bendungan dan irigasi Rp 71,8 triliun, 1 proyek tanggul laut Rp5,68 triliun, dan 1 program dan 2 proyek smelter. (Baca juga: Kereta Cepat Berlanjut, Erick: Lapangan Kerja Bertambah)

“Ada juga proyek penyediaan lahan pangan yang berada di Kalimantan Tengah dan ini sedang disiapkan. Lima proyek pelabuhan, 6 proyek kereta api, 13 proyek kawasan perbatasan, 12 proyek energi, 6 proyek air bersih, 1 proyek pengelolaan sampah, dan 3 proyek pengembangan teknologi termasuk teknologi drone senilai Rp27,17 triliun,” paparnya.

Airlangga menyebut proyek tersebut tersebar di beberapa wilayah. Di antaranya Sumatera sebanyak 7 proyek senilai Rp 117 triliun, Jawa 25 proyek senilai Rp462 triliun, dan Kalimantan 17 proyek Rp 144 triliun. Kemudian Sulawesi 8 proyek Rp 208 triliun, Bali dan Nusa Tenggara 12 proyek Rp 28 triliun. “Skala nasional ada 11 proyek Rp351 triliun, dan juga Maluku-Papua Rp11 triliun,” pungkasnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan seluruh pengerjaan proyek infrastruktur tetap berjalan pada tahun ini. Meski begitu, anggaran Kementerian PUPR menghemat Rp44 triliun dari total DIPA anggaran sebesar Rp120 triliun pada tahun ini untuk penanganan Covid-19.

Menteri PUPR Basuk Hadimuljono mengatakan, seluruh proyek masih tetap berjalan pembangunannya melalui protokol kesehatan yang ketat. Khususnya proyek-proyek yang menjadi prioritas pemerintah dan masuk ke dalam PSN. “Jadi, intinya bahwa di kementerian intinya bahwa di Kementerian PUPR walaupun dihemat sebesar Rp44 triliun dari DIPA Rp120 triliun pada 2020 tidak ada kegiatan yang dibatalkan,” tuturnya kemarin.

Menurut Basuki, tidak terganggunya proyek infrastruktur karena anggaran Rp44 triliun yang dihemat itu akan ditunda prioritasnya pada 2021. Hal ini sudah dikoordinasikan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.”Yang Rp44 triliun ditunda itu prioritas 2021 yang sudah dialokasikan anggaran oleh Menteri Keuangan,” kata Basuki. (Lihat Videonya: Pantai Sepi, Emak-Emak di Garut Ngamuk dan Buka Barikade Jalan)

Satu di antara yang akan tetap dikerjakan adalah proyek lima destinasi wisata prioritas. Dalam proyek tersebut mencakup pariwisata di Danau Toba, Mandalika, Candi Borobudur, Labuan Bajo dan Likupang di Sulawesi Utara. "PSN 5 destinasi super prioritas wisata yaitu Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang Sulawesi Utara,” kata Basuki.

KA Cepat Jakarta-Bandung Disambung ke Surabaya

Airlangga Hartato mengungkapkan, Presiden Jokowi memberi arahan agar KA Cepat Jakarta-Bandung disambung ke Surabaya. Hal ini bertujuan agar lebih ekonomis. “Dan diusulkan agar konsorsium bisa ditambah oleh konsorsium dari Jepang,” ungkapnya.

Seperti diketahui sebelumnya terdapat dua proyek KA cepat yakni Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya. Menurut Hartarto, dua proyek ini akan diintegrasikan. Namun, dia menandaskan rencana tersebut masih dalam kajian Menteri BUMN. “Menteri BUMN akan dikaji, baik itu mengenai anggota konsorsium juga mengenai rute dan total proyek,” ujarnya. (Baca juga: Aceh Mampu Kendalikan Corona, Ini Kunci Keberhasilannya)

Dia lantas mengakui anggaran untuk kereta api (KA) cepat mengalami bengkak dan pelaksanaannya mengalami keterlambatan selama setahun “Dilaporkan Menteri BUMN terkait proyek KA cepat juga terjadi Budget Over-Run, dan ada keterlambatan selama satu tahun,” katanya.

Dari PSN yang ada, beberapa proyek di antaranya harus terdepak. Salah satunya proyek warisan Presiden BJ Habibie yakni pengembangan pesawat R80. Proyek tersebut akan digantikan dengan drone. (Dita Angga/Okezone.com)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0858 seconds (0.1#10.140)