Erick Thohir: BUMN Dituntut Ubah Model Bisnis Pasca Pandemi

Kamis, 09 September 2021 - 14:31 WIB
loading...
Erick Thohir: BUMN Dituntut Ubah Model Bisnis Pasca Pandemi
Menteri BUMN Erick Thohir menandasakan tantangan BUMN lebih berat menghadapi pasca pandemi. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengajak seluruh elemen masyarakat dan insan BUMN tidak hanya berpikir monoton soal Covid-19 . Justru yang harus dipikirkan ialah melangkah bagaimana menghadapi pasca pandemi.

"Sudahlah, jangan hanya berpikir covid terus, yang paling penting pasca Covid-19 dan suka tidak suka harus berubah," ujar Erick dalam peluncuran Peningkatan Mutu Sistem Pengadaan BUMN, Kamis (9/9/2021).



Menurut dia melangkah ke depan jauh lebih penting sehingga tidak terjebak hanya berfikir Covid-19. Upaya itu seiring dengan BUMN jadi tulang punggung mendorong perekonomian.

Inisiatif strategis BUMN pasca pandemi menjadi salah satu penentu Indonesia akan menjadi market bagi produsen global atau justru menjadi produsen untuk negara-negara di dunia.

"Saat ini BUMN merupakan tulang punggung negara, itulah yang saya tantang atau challenge kepada para pimpinan BUMN harus memiliki model bisnis yang berubah pascapandemi Covid-19," katanya.



Sebab itu, Erick mengajak seluruh BUMN segera memetakan bisnis yang bisa diadaptasikan. Misalnya, sektor perbankan atau Bank Himabara dan telekomunikasi harus cepat beradaptasi dan berinovasi digital.

"Kenapa saya mendorong metamorfosis Himbara serta BUMN telekomunikasi, kita sudah mendorong mereka dari awal. Perusahaan telekomunikasi itu tidak hanya sekadar menjadi perusahaan telekomunikasi sekarang, kita harus membangun saat ini yang namanya data center. Kemudian untuk di sektor perbankan yakni digital banking harus terjadi," ungkapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)