Uji Coba Bus Listrik, Transjakarta Gratiskan Tiket 3 Bulan

Sabtu, 11 September 2021 - 22:26 WIB
loading...
Uji Coba Bus Listrik, Transjakarta Gratiskan Tiket 3 Bulan
Bus listrik Transjakarta merek Higer ini akan diuji coba kepada publik secara cuma-cuma atau gratis. Foto/Dok SINDOnews/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - PT Transportasi Jakarta bekerjasama dengan Agen Penyedia Bus (APM) PT Higer Maju Indonesia (HMI) menghadirkan bus listrik yang aman dan nyaman bagi pelanggan. Untuk mengenalkan ke masyarakat, bus listrik ini akan diuji coba kepada publik secara cuma-cuma atau gratis.

Uji coba bus listrik merek Higer ini selaras dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi Jalan yang dikeluarkan pada 8 Agustus 2019 lalu.

Selain itu juga merujuk pada Instruksi Gubernur DKI nomor 66 tahun 2019 mengenai Pengendalian Kualitas Udara di Jakarta dan menjadi mandat kami dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) nomor 71 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dengan rencana implementasi armada transportasi yang ramah lingkungan.

Direktur Utama PT Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan, pelepasan uji coba satu unit bus ini sebagai tindak lanjut dari penandatangan nota kesepahaman atau MoU Transjakarta bersama PT HMI yang telah dilaksanakan pada 1 September 2021.

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah bisa melakukan uji coba bus listrik dengan mengangkut pelanggan yang akan melayani masyarakat untuk rute Blok M – Balaikota (EV1). Uji Coba akan dilakukan selama tiga bulan ke depan tanpa dikenakan biaya atau gratis. Untuk saat ini kami tetap melakukan pembatasan pelanggan yakni maksimal diisi oleh 25 orang pelanggan termasuk yang berdiri,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (11/9/2021).



Dia mengungkapkan, proses uji coba ini dilakukan sebagai salah satu tahapan dalam upaya merealisasikan rencana penggunaan kendaraan bus listrik berbasis baterai yang ramah lingkungan. Dalam hal ini, semua armada konvensional Transjakarta secara bertahap akan beralih menggunakan armada listrik.

“Keseriusan Transjakarta ini dibuktikan dengan berbagai layanan uji coba kendaraan listrik yang dimulai sejak tahun lalu. Dan hari ini kita menggandeng teman-teman dari PT Higer Maju Indonesia untuk ikut serta menjadi mitra strategis dalam penyediaan, pengadaan dan operasional bus listrik berbasis baterai tersebut,” bebernya.

Jhony berharap uji coba ini mampu menjadi langkah kecil untuk lompatan besar sektor transportasi massal di masa depan, seperti emisi rendah atau bahkan nol.

Selain itu, kata dia, bus listrik ini tentu dapat mengurangi polusi, mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor BBM dan akhirnya bisa menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi kendaraan listrik dan baterai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)