Kementan Dorong Milenial Maksimalkan Potensi Bisnis Pertanian Kaltara

Minggu, 12 September 2021 - 14:40 WIB
loading...
Kementan Dorong Milenial Maksimalkan Potensi Bisnis Pertanian Kaltara
Mentan Syahrul Yasin Limpo (lima kanan) saat berkunjungi ke Kalimantan Utara didampingi Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi (kanan). (Foto: Dok. BPPSDMP).
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong generasi milenial memaksimalkan potensi pertanian, khususnya di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Pasalnya, daerah pemekaran Kalimantan Timur (Kaltim) ini memiliki keunggulan pertanian, peternakan, dan perkebunan yang sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik.

Hal itu terungkap pada kunjungan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meninjau kegiatan panen cempe kambing boer usia empat bulan di Bulungan Mandiri Farm, Kaltara Sabtu (11/9/2021).

Dalam keterangan tertulisnya, Mentan mengatakan, Kaltara sebagai tempat kambing cempe tersebut diproduksi memiliki potensi dan peluang yang cukup besar, terutama untuk memenuhi pasar ekspor ke negara-negara di Asia.

(Baca juga:Dukung Petani Milenial, Kementan Gandeng Perbankan dan BUMN)

“Saya berharap Forkopimda dan juga para bupati sama-sama memaksimalkan lahan pertanian yang ada untuk peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Begitu juga generasi milenial,” kata Mentan.

Kaltara dikenal memiliki lahan subur dan potensi ekspornya cukup besar. Peternakan dan perkebunan bisa diintegrasikan secara bersamaan dengan komoditas tanaman pangan dan produk olahan. “Karena itu tolong disusun oleh gubernur, bupati, kepala dinas dan seluruh dirjen agar konsep integrasi ini bisa dikembangkan secara baik,” katanya.

(Baca juga:Jabar Luncurkan Rintisan Usaha Petani Milenial Bidang Perkebunan)

Mentan Syahrul berharap petani dan para pelaku usaha lainnya mampu menyerap anggaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian yang kini nilainya Rp70 triliun. “Uang sebanyak itu bisa dimanfaatkan dan diakses untuk permodalan wirausaha. Program ini menjadi atensi Presiden agar betul-betul bisa dimanfaatkan menjadi kekuatan baru, khususnya meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Mentan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan peran petani milenial untuk mengangkat potensi di Kaltara.

(Baca juga:Merauke, Kabupaten Papua Pertama Dukung Jokowi Ciptakan Petani Milenial Indonesia)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2169 seconds (0.1#10.140)