Luhut Ungkap Alasan Kebijakan PPKM Sering Bikin Bingung

Senin, 13 September 2021 - 22:37 WIB
loading...
Luhut Ungkap Alasan Kebijakan PPKM Sering Bikin Bingung
Koordinator PPKM Jawa-Bali Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan. FOTO/SINDOnews/Sutikno
A A A
JAKARTA - Koordinator PPKM Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan menjawab terkait alasan kebijakan PPKM sering dianggap membuat bingung masyarakat. Luhut mengungkapkan kebijakan PPKM sering berubah-ubah karena tergantung evaluasi penanganan kasus di setiap wilayah.

"Mungkin ini sering dibaca sebagai kebijakan yang berubah-ubah, atau sering dibaca sebagai kebijakan yang tidak konsisten. Justru itulah yang harus kita lakukan, untuk menemukan kombinasi terbaik antara kepentingan kesehatan dan kepentingan perekonomian masyarakat," kata Menko Marinves saat konferensi virtual Evaluasi PPKM, Senin (13/9/2021).



Tidak hanya itu, mutasi virus juga menjadi alasan mengapa penanganan Covid-19 tidak konsisten. Pasalnya mutasi virus bisa muncul kapan saja sehingga harus diwaspadai.

"Karena virusnya yang selalu berubah dan bermutasi, maka penanganannya pun harus berubah sesuai dengan tantangan yang dihadapi kita akan terus kawal dan perbaiki," ujarnya.

Menurut dia angka vaksinasi di setiap wilayah juga menjadi acuan dalam menetapkan level PPKM di setiap wilayah sesuai aturan yang berlaku sesuai aturan Inmendagri.



"Seperti yang Presiden sampaikan bahwa tujuan dan arah kebijakan tetap dipegang secara konsisten, tetapi strategi dan manajemen lapangan harus dinamis menyesuaikan permasalahan dan tantangan. Pengetatan dan pelonggaran mobilitas masyarakat, misalnya harus dilakukan paling lama setiap minggu dengan merujuk kepada data-data terkini," jelas Luhut.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)