Menkeu Beberkan 7 Agenda Prioritas Jalur Keuangan di G20

Selasa, 14 September 2021 - 22:59 WIB
loading...
Menkeu Beberkan 7 Agenda Prioritas Jalur Keuangan di G20
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 akan ada 7 agenda prioritas terkait jalur keuangan atau finance track. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 akan ada 7 agenda prioritas terkait jalur keuangan atau finance track yang difokuskan pada penanganan isu-isu global. Namun tetap membahas bagaimana berkoordinasi untuk pemulihan ekonomi .

“Untuk agenda di finance track yang akan dibahas, akan ada 7 agenda. Secara cepat akan saya sampaikan yang paling utama dan penting adalah mengenai negara-negara G20 akan membahas bagaimana berkoordinasi untuk memulihkan ekonomi global,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Menuju Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 secara virtual, Selasa (14/9/2021).



Menkeu menegaskan, agenda tersebut sesuai dengan tema Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 yaitu Recover Together and Recover Stronger. Tujuannya agar semua negara G20 bisa pulih bersama, dan pulih menjadi lebih kuat maka dibutuhkan koordinasi policy global.

Selain itu, kata Menkeu yang paling sering dibahas dalam G20 yaitu kapan negara-negara terutama di G20 semuanya melakukan kebijakan extra Ordinary di bidang fiskal dan moneter.

“Akan menetapkan kapan mulai melakukan exit policy yaitu mengurangi intervensi kebijakan makro yang luar biasa dan pasti tidak sustainable secara bertahap dan terkoordinasi,” ujarnya.

Sehingga pertumbuhan ekonomi di masing-masing negara dan pertumbuhan ekonomi global bisa sustainable atau terus berlangsung. Menurutnya, tentu bukan hal yang mudah karena setiap negara memiliki kondisi yang berbeda-beda kebijakan fiskal.

"Seperti di Indonesia yang extra Ordinary di mana kita membolehkan adanya defisit di atas 3 persen tidak berjalan selamanya, dan semua negara juga situasi yang sama di kebijakan fiskal nya,” katanya.

Agenda kedua, semua negara G-20 akan membahas terkait dampak covid-19 di bidang kesehatan hingga perekonomian. Juga pembahasan mengenai produktivitas dan memulihkan ekonomi kembali.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)