Blak-blakan Erick Thohir Soal Alasan Bikin Holding Rumah Sakit BUMN

Rabu, 15 September 2021 - 20:21 WIB
loading...
Blak-blakan Erick Thohir Soal Alasan Bikin Holding Rumah Sakit BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan alasan membentuk holding rumah sakit BUMN. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan alasan membtuk BUMN Rumah Sakit (RS). Salah satunya melancarkan aksi Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Setelah holding diresmikan, pemegang saham berencana akan membawa sejumlah perusahaan yang menjadi anggota holding untuk mencatatkan sahamnya di pasar modal Indonesia. Adapun PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) atau IHC selaku induk holding dan membawahi 34 anggota RS BUMN yang dikelola oleh 18 Rumah Sakit BUMN.



Pemegang saham menilai, upaya IPO tersebut sebagai transformasi perusahaan pelat merah di sektor kesehatan, sehingga diharapkan kesehatan mampu menjadi kekuatan baru di Indonesia. Meski begitu, belum diketahui secara pasti waktu go publiknya.

"Ada kesehatan, ada Rumah Sakit kita setelah dikonsolidasi, kita akan bursakan, listingkan, supaya ini juga menjadi kekuatan daripada transformasi kesehatan," ujar Erick dalam sesi wawancara dengan IDX Channel, Rabu (15/9/2021).

Saat ini sejumlah persiapan tengah dilakukan, salah satunya, pembangunan layanan kesehatan atau RS satu pintu (one stop health services) bertaraf internasional di Sanur, Bali. Dalam konteks ini, pemerintah mempercayakan Mayo Klinik sebagai advisor atau penasehatnya.



Mayo Klinik merupakan praktek medis nirlaba dan kelompok riset medis yang berlokasi di sejumlah area metropolitan seperti Rochester, Minnesota, Jacksonville, dan Florida.

"Apalagi kita sudah bersiap membangun RS internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bali di Sanur, dan kita mendapat kepercayaan nanti Mayo Klinik sebagai advisor-nya. Ini secara perlahan kita bangun RS yang kelas dunia," kata dia.

Menurutnya, keberadaan RS pelat merah itu menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia agar tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri melakukan pengobatan.

"Kita juga menekan para masyarakat Indonesia yang berobat di luar negeri, sekarang gak usah jauh-jauh kita ke bali ajo berobat," ungkapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)