RS Kelas Dunia Akan Hadir di Bali, Erick Thohir: Engga Usah Berobat ke Luar Negeri

loading...
RS Kelas Dunia Akan Hadir di Bali, Erick Thohir: Engga Usah Berobat ke Luar Negeri
Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, tengah bersiap membangun rumah sakit (RS) kelas dunia di Sanur, Bali. Nantinya pemerintah bakal menggandeng institusi medis nirlaba atau kelompok riset medis dunia. Foto/Dok
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, tengah bersiap membangun rumah sakit (RS) bertaraf Internasional di Sanur, Bali . Nantinya pemerintah bakal menggandeng institusi medis nirlaba atau kelompok riset medis dunia, Mayo Klinik sebagai penasehat (advisor).

RS ini disiapkan untuk menjadi one stop health services bertaraf internasional yang akan dibangun di Sanur, Bali. Tujuannya agar, masyarakat Indonesia tidak lagi memilih berobat ke Luar Negeri.

"Apalagi kita sudah bersiap membangun RS internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bali di Sanur dan kita mendapat kepercayaan nanti Mayo Klinik sebagai advisor-nya. Ini secara perlahan kita bangun RS yang kelas dunia," ujar Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Blak-blakan Erick Thohir Soal Alasan Bikin Holding Rumah Sakit BUMN



Alasan pemerintah menggandeng Mayo Klinik guna mewujudkan kesehatan sebagai kekuatan baru di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat tidak lagi pergi ke luar negeri untuk memperoleh pengobatan medis dengan basis teknologi yang mumpuni.

"Kita juga menekan para masyarakat Indonesia yang berobat di luar negeri, sekarang gak usah jauh-jauh, kita ke Bali aja berobat," katanya.

Erick Thohir memastikan, Indonesia punya ekosistem yang kuat dengan mengundang rumah sakit-rumah sakit internasional untuk membuka kerjasama di bidang kesehatan.

Baca Juga: Holding Ultra Mikro Jadi Benteng Pertahanan Saat Krisis

Keberadaan RS satu pintu bertaraf dunia pun menjadi bagian dari upaya Kementerian BUMN membentuk Holding RS BUMN. Dengan kekuatan fasilitas tersebut dan usai holding diresmikan, pemegang saham berencana akan membawa sejumlah perusahaan yang menjadi anggota holding untuk mencatatkan sahamnya di pasar modal Indonesia.

Adapun PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) atau IHC selaku induk holding dan membawahi 34 anggota RS BUMN yang dikelola oleh 18 Rumah Sakit BUMN.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top