Kereta Bandara Yogyakarta Beroperasi Komersil Mulai Besok, Cek Jadwal dan Tarifnya

Kamis, 16 September 2021 - 20:36 WIB
loading...
Kereta Bandara Yogyakarta Beroperasi Komersil Mulai Besok, Cek Jadwal dan Tarifnya
Kereta Api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) akan beroperasi secara komersial mulai besok Jumat (17/9/2021). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kereta Api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) akan beroperasi secara komersial mulai besok Jumat (17/9/2021). Sebelumnya, KA bandara ini telah melalui uji coba langsung kepada masyarakat pada 1-16 September 2021 dengan biaya Rp0 alias gratis. KA YIA akan melayani masyarakat Yogyakarta dan wisatawan dengan rute dari dan menuju Bandara YIA.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri menyebut mulai besok KA Bandara YIA sudah bisa dipergunakan bagi masyarakat umum dengan tarif tiket Rp20.000 untuk rute Yogyakarta – Bandara YIA, Rp10.000 untuk rute Yogyakarta – Wates, dan Rp20.000 untuk rute Wates – Bandara YIA.

Sementara itu, untuk jadwal perjalanan masih sama dengan periode uji coba yakni sebanyak 8 kali perjalanan perhari, dengan rincian 4 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan 4 perjalanan dari Bandara YIA.



Masyarakat dapat membeli tiket KA bandara ini melalui aplikasi KAI Access atau ke loket pembelian langsung di Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA

“Dengan beroperasinya KA Bandara YIA ini, masyarakat dapat menempuh waktu lebih cepat ke Bandara YIA yaitu sekitar 40 menit dari Yogyakarta, dari waktu rata-rata 1,5 jam bila menggunakan kendaraan mobil atau moda transportasi lainnya," ujar Zulfikri, Kamis (16/9/2021).

Operasional ini diberlakukan setelah melalui serangkaian uji coba baik statis maupun dinamis yang dilakukan oleh Ditjen Perkeretaapian, serta uji coba langsung kepada masyarakat sejak 1-16 September 2021.

Uji coba langsung oleh masyarakat ini merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk menjaring antusiasme dan masukan masyarakat dalam upaya peningkatan layanan KA Bandara YIA nantinya.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan uji coba dengan masyarakat kemarin karena ternyata antusiasmenya cukup tinggi, dengan jumlah penumpang hingga tanggal 13 September mencapai 3.646 orang," ungkapnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)