Terapkan Pembatasan dan Ekonomi Tetap Terjaga, Peran Airlangga Diakui

Rabu, 22 September 2021 - 12:19 WIB
loading...
Terapkan Pembatasan dan Ekonomi Tetap Terjaga, Peran Airlangga Diakui
Penghargaan yang diterima Menko Airlangga Hartarto dari Priyadarshni Academy Global Award dinilai menjadi wujud pengakuan akan suksesnya penanganan pandemi oleh pemerintah Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Penghargaan yang diterima Menko Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto dari Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery dinilai menjadi wujud pengakuan akan suksesnya penanganan pandemi oleh pemerintah Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh ekonom senior Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy yang menerangkan, bahwa pemerintah Indonesia berhasil menurunkan angka kasus positif (positivity rate) Covid-19 yang tercepat di dunia.

"Harus diakui, di bawah Ketua KPCPEN Airlangga, bersama Luhut dan Menkes, Indonesia menjadi salah satu negara terbaik di dunia yang mampu menurunkan kasus sebesar 58 persen dalam waktu 2 minggu. Ini sesuai penilaian dari lembaga penelitian John Hopkins University. Dan capaian ini luar biasa," ujar Yusuf.



Menurut Yusuf, strategi pemerintah yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini dalam menghadapi lonjakan kasus gelombang pertama dan gelombang kedua dapat menjadi inspirasi negara lain yang hendak menerapkan pembatasan, namun perekonomian tetap terjaga.

"Meskipun terjadi perbedaan pendapat dari banyak akademisi apakah kebijakan lockdown merupakan strategi yang tepat. Tapi kalau kita lihat saat gelombang pertama dan gelombang kedua, pemerintah berhasil menurunkan kasus cukup drastis. Ini bisa jadi inspirasi bagi negara lain," ungkapnya.

Selain mengendalikan Covid-19, menurut Yusuf, pemerintah juga cepat dalam melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Ia menyebut berbagai lembaga yang memprediksikan Indonesia baru akan rampung 10 tahun mendatang.

"Banyak lembaga penelitian yang sanksi progres dari vaksinasi di Indonesia, apalagi mencapai herd immunity di akhir tahun ini. Saya kira itu meleset semua, kalau kita lihat angka data 1 bulan terakhir ini progresnya cukup tepat. Percepatan vaksinasi ini menurut saya juga berkat akselerasi Airlangga sebagai Menko Perekonomian dan Ketua KPCPEN. Tanpa vaksinasi, pemulihan kesehatan dan ekonomi akan sulit stabil," jelas Yusuf.

Sebelumnya diberitakan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dianugerahi Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery. Hal itu berlangsung pada pelaksanaan the 37th Anniversary Global Awards Function secara virtual yang berlangsung pada hari Senin (20/9/2021).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)