Wapres Ma'ruf Amin: Beragam Sentra Vaksinasi Percepat Herd Immunity

Jum'at, 24 September 2021 - 23:31 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin: Beragam Sentra Vaksinasi Percepat Herd Immunity
Wapres Maruf Amin saat divaksin Covid-19, Rabu 17 Februari 2021. Foto/Instagram @kyaimarufamin
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin mengatakan beragam sentra vaksinasi akan mempercepat herd immunity atau kekebalan komunal. Hal itu dikatakan Kiai Ma'ruf saat meninjau sentra vaksinasi di kawasan Palmerah Jakarta, baru-baru ini.

"Kunci terwujudnya keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah program vaksinasi yang berperan vital dan sangat penting," ujarnya saat berkunjung ke sentra vaksinasi Neoclinic, baru-baru ini.



Wapres mengatakan bahwa vaksinasi menjadi salah satu kunci keberhasilan penduduk Indonesia agar segera terbebas dari pandemi Covid-19. Sementara pemerintah menentukan target sasaran vaksinasi dalam mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity sebanyak 208.265.720 orang.

Sesuai rekomendasi dari World Health Organization (WHO), program vaksinasi harus dilakukan dengan memberikan dua dosis untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mencegah penularan virus Covid-19.

Tercatat per 12 September 2021 lalu, jumlah masyarakat yang telah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama yaitu 72.766.195 orang atau 34,94%, sedangkan jumlah masyarakat yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis kedua hanya sejumlah 41.734.734 orang atau sekitar 20,04% dari total target sasaran vaksinasi.

CEO Ralali Joseph Aditya menjelaskan sudah ada banyak sentra vaksinasi yang membantu percepatan pembentukan herd immunity ini. Salah satunya sentra vaksinasi pemberian dosis kedua yang didirikan di kawasan Palmerah, Jakarta.

"Kegiatan Sentra Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua ini diharapkan dapat segera memenuhi target pemerintah dalam percepatan program vaksinasi untuk memutus rantai penyebaran virus corona," kata dia.



Dia mengatakan melalui Neoclinic, Ralali berupaya terjun secara langsung membantu penanggulangan Covid-19 demi mewujudkan herd immunity. Jenis vaksin yang diberikan adalah AstraZeneca.

Neoclinic kini sudah memiliki lima cabang yang tersebar di 3 kota, yakni Puri Kembangan, Palmerah, Pagedangan BSD, hingga Surabaya Dyandra, Surabaya Flamingo, dan Surabaya Hotel Zoom. Neoclinic telah menerapkan standarisasi harga sesuai dengan kebijakan pemerintah yakni Rp459.000 untuk swab PCR dan Rp95.000 untuk swab antigen.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6996 seconds (0.1#10.140)