PII Berupaya Turut Gerakkan Ekonomi dan Bangun Sistem Kesehatan Masyarakat

loading...
PII Berupaya Turut Gerakkan Ekonomi dan Bangun Sistem Kesehatan Masyarakat
Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto menyampaikan sambutan pada acara pembukaan Rapimnas PII, di Aula Politeknik Batam, Batam Centre, Jumat (24/9/2021).
JAKARTA - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat mengimbau seluruh anggotanya untuk menguasai teknologi kesehatan. Pandemi Covid-19 merupakan momen yang tepat bagi para insinyur untuk menciptakan teknologi alat kesehatan yang bisa digunakan oleh tenaga kesehatan dalam menangani pasien Covid-19.

(Baca juga:KLHK Berikan Penghargaan kepada 454 Insinyur Profesional Teknik Kehutanan)

Hal itu dikatakan Ketua Umum PII Pusat Heru Dewanto dalam webinar nasional PII yang digelar di Aula Politeknik Negeri Batam, Jumat (24/9/2021). Webinar yang mengusung tema 'Peran Insinyur untuk Menggerakkan Ekonomi dan Membangun Sistem Kesehatan Masyarakat' ini dilakukan secara daring dan luring. Webinar ini memaparkan dan mempersiapkan para insinyur pada saat pandemi Covid-19 menuju era endemi.

Webinar ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PII Tahun 2021 yang digelar selama tiga hari di Batam yakni di Politeknik Negeri Batam dan di Swiss Belhotel.



(Baca juga:Kebutuhan Insinyur di Indonesia Masih Tinggi)

Kegiatan ini rencananya dihadiri Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Deputi Bappenas Amalia, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Umum Kadin Pusat, Ketua Pelaksana Dewan TIK Nasional, Rektor UGM, Rektor Universitas Padjajaran, Sekjen Gakeslab, dan juga melibatkan seluruh jajaran pengurus PII pusat, pengurus PII wilayah, dan pengurus PII cabang di seluruh Indonesia.

“Endemi ini juga, kita harus berhati-hati. Kenapa? Karena endemi untuk Covid-19 ini mungkin bisa berbeda dengan endemi demam berdarah misalnya penanganannya. Endemi Covid-19 disalurkan lewat manusia, sehingga ada kekhawatiran muncul yang namanya hyper endemi misalnya,” ujar Heru Dewanto.

(Baca juga:Pembangunan IKN Baru, Bappenas Teken MoU dengan Persatuan Insinyur)

Untuk itulah, lanjutnya, para insinyur harus bisa mengawal proses ini sampai menjadi endemi. Untuk itulah, maka membangun kemandirian dan ketahanan kesehatan perlu dilaksanakan.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top