Ini 3 Cara Cerdas Atasi Kecemasan Selama Pandemi Covid-19

Kamis, 30 September 2021 - 09:16 WIB
loading...
Ini 3 Cara Cerdas Atasi Kecemasan Selama Pandemi Covid-19
Kecemasan berlebihan menjadi hal yang paling umum dialami masyarakat pada masa pandemi ini. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kesehatan mental turut menjadi pertaruhan di tengah pandemi virus corona (Covid-19) . Semua aspek kehidupan yang berubah menjadi pemicu gangguannya.

Kecemasan berlebihan menjadi hal yang paling umum dialami masyarakat Indonesia saat ini. Entah itu karena khawatir takut tertular Covid-19 atau cemas dengan kehidupan yang serba dibatasi, termasuk berkegiatan di luar rumah. Hal ini karena adaptasi kebiasaan baru yang dituntut serba online. Agar tidak cemas saat menghadapi pandemi Covid-19 simak tips di bawah ini:

1. Jangan Menghindar

Saat mengalami sesuatu keadaan krisis, kejengkelan, kemarahan atau stres, jangan menghindar dan hadapi hal tersebut. Hindari menyalahkan diri sendiri. Jangan terlalu lama merenung atau bermuram diri.

Segeralah menemukan sumber kecemasan dan memahami makna di balik setiap peristiwa. Hal ini bisa dilakukan dengan refleksi diri, sharing dengan orang terdekat, bisa dengan menulis apa yang dipikirkan lalu memetakannya, bahkan dengan meditasi.



2. Istirahat Yang Cukup

Kurang istirahat akan menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit, khususnya flu atau pilek. Menurut riset, orang dewasa yang sehat dan tidur kurang dari 6 jam sehari akan lebih mudah terserang flu dibanding orang dewasa sehat yang tidur lebih dari 6 jam sehari.

Hal ini menunjukkan bahwa jika Moms kurang tidur, maka Moms akan mudah terserang penyakit. Meski Moms harus mengurus anak ataupun pekerjaan, namun setidaknya sediakan waktu yang cukup untuk tidur.

3. Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)