Wamendag Dipuji Luhut Soal Usulan Game Online, Kok Bisa?

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 18:10 WIB
loading...
A A A
Menurut Wamendag Jerry Sambuaga, jika industri digital bisa berkembang, ini akan menjadi alternatif ekspor yang sangat bagus. Industri digital banyak diminati oleh generasi milenial dan generasi X.

Keuntungan lain dari industri digital terletak pada proses penjualannya yang relatif tidak terlalu kompleks seperti halnya pada penjualan produk barang.

“Pemasaran industri digital itu relatif sederhana. Tidak perlu pelabuhan, container dan sebagainya. Yang perlu hanya integrasi digital itu sendiri, antara produsen, sistem pembayaran dan langsung ke konsumen. Jadi relatif mudah pengurusannya,” tambah Jerry.



Jerry sendiri mengaku mengamati industri digital di Korea Selatan. Negara itu diketahui punya industri game online dan aplikasi yang sudah mendunia. Pendapatan Korea dari ekspor produk digital diketahui melebihi sektor lain, bahkan juga indsutri musik pop dan filmnya yang terkenal.

Menurut Wamendag anak-anak muda Indonesia punya potensi yang luar biasa dalam sektor ini. Kreatifitas yang luar biasa jadi modalnya. Yang diperlukan untuk mendorong dan memfasilitasinya menurut Jerry adalah kerja sama dan kolaborasi seluruh skate holder.

“Kolaborasi adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar. Kita harus bisa membentuk ekosistem produk digital agar ada integrasi antara developer, provider, investor, dan sebagainya. Itulah sebabnya masuknya industri digital sebagai perhitungan TKDN akan berdampak sangat positif,” pungkas Jerry.

Sebelumnya Menko Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, potensi industri game di Indonesia mencapai USD2 miliar atau setara Rp28,4 triliun (kurs Rp14.200 per USD).

"Dalam subsektor industri game, potensi industri game di Indonesia mencapai ini mencapai angka USD2 miliar. Saya dan pemerintah akan terus mendorong industri game bisa memberi kontribusi yang lebih besar," kata Luhut dalam konferensi virtual Rakornas Kemenparekraf, Jakarta, Senin (27/9) lalu.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)