Ekonom: PPKM Masih Perlu Diperpanjang, Aktivitas Ekonomi Masih Ada Ruang!

Senin, 04 Oktober 2021 - 10:42 WIB
loading...
Ekonom: PPKM Masih Perlu Diperpanjang, Aktivitas Ekonomi Masih Ada Ruang!
Pemerintah didukung dalam memperpanjang kebijakan PPKM dan sekaligus pihaknya mewanti-wanti dengan adanya kemungkinan gelombang ketiga COVID-19. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) bakal diputuskan hari ini, setelah pemerintah melakukan evaluasi. Sebelumnya PPKM berlaku dua minggu, yang mana mulai berlaku 21 September 2021 lalu dan dijadwalkan akan berakhir pada hari ini, Senin (4/10/2021).

Sehubungan dengan itu, Ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah mengatakan pihaknya masih mendukung pemerintah dalam memperpanjang kebijakan PPKM dan sekaligus pihaknya mewanti-wanti dengan adanya kemungkinan gelombang ketiga COVID-19.

“Hari ini saya kira bukan PPKM terakhir. PPKM akan terus berlanjut sampai pandemi benar-benar sudah berakhir dan ini harus dilanjutkan. Kita saat ini belum aman, masih ada kemungkinan terjadi 3rd wave atau gelombang ketiga dan jangan sampai itu terjadi,” kata Piter saar dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (4/10/2021).



Dengan demikian pihaknya mengaku, oleh karena itu PPKM harus tetap dipertahankan dan untuk levelnya disesuaikan dengan kondisi wilayah atau daerah setempat.

“PPKM kan ada level 1 sampai dengan level 4. Ditetapkan sesuai kondisi daerahnya. Kemudian sekarang sebagian daerah ada di level 3 Dan 2. Hari ini akan ditinjau apakah ada yang turun menjadi level 2 dan level 1. Tapi tetap menetapkan PPKM,” ujarnya.

Meski demikian ia mengaku untuk masa relaksasi di masa PPKM ini harus mempertahankan momentum meredanya pandemi.

“Saya kira ini langkah tepat, untuk perekonomian diberikan ruang. Tetapi di sisi lain fokus tetap bagaimana menjaga agar tidak terjadi lagi lonjakan kasus covid. Ekonomi sendiri meskipun ada PPKM, sudah terlihat proses perbaikan. Kita mulai kembali ke jalur pemulihan ekonomi,” pungkasnya.

Meskipun PPKM sudah banyak kelonggaran, pihaknya menghimbau kepada masyarakat diharapkan untuk tidak lengah dan tetap waspada dan melaksanakan prokes. Hindari kerumunan dan bagi yang belum vaksin segerakan untuk melakukan program vaksinasi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)