PPKM Dicabut, Industri Fintech Optimistis Tumbuh Positif di 2023

Selasa, 31 Januari 2023 - 13:52 WIB
loading...
PPKM Dicabut, Industri Fintech Optimistis Tumbuh Positif di 2023
Industri fintech P2P lending optimistis tumbuh positif meskipun ada ancaman resesi global. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Industri peer to peer (P2P) lending optimistis tumbuh positif meskipun ada ancaman resesi global tahun ini. Hal itu didorong pencabutan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sehingga mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tetap bertumbuh.

"Kegiatan pembatasan fisik sudah tidak ada sehingga kegiatan usaha sudah bisa normal dan itu juga kita berharap berefek pada individu yang menjadi peminjam di sektor konsumtif jadi kita melihat ini dengan positif," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Sunu Widyatmoko dalam program Market Review di IDX Channel, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga: Ini Dampak Pencabutan PPKM terhadap Penjualan Ruang Kantor Secara Online

Namun demikian, industri P2P lending akan bisa bertumbuh jika semua pihak bersinergi baik dari pemerintah, regulator maupun pelaku usaha itu sendiri. "Sehingga penetrasi kepada masyarakat yang underserve dan underbank ini bisa sesuai dengan yang kita harapkan semua jadi orang sudah bisa terlayani," ujarnya.

Dia menyebutkan potensi resesi global memang perlu diwaspadai, tapi Indonesia merupakan market yang berbeda sebab market ekonomi Indonesia sudah tidak dikuasai oleh perusahaan-perusahaan besar, tapi sudah dikuasai oleh UMKM.

Lihat Foto: Tes PCR dan Antigen Tidak Lagi Diwajibkan

"Kita melihat faktanya kegiatan ekonomi di Indonesia ini masih berjalan oleh UMKM, nah kita melihat di situlah market yang harus kita dukung. Jadi kalau kita melihat dari sisi optimisme, yes kita optimis, kalau kita bilang hati-hati, ya kita juga hati-hati," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)