Penawaran ORI020 Dimulai Hari Ini, Begini Cara Pemesanannya

Senin, 04 Oktober 2021 - 10:56 WIB
loading...
Penawaran ORI020 Dimulai Hari Ini, Begini Cara Pemesanannya
Masa penawaran ORI020 berlangsung mulai 4-21 Oktober 2021. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah pada tahun ini kembali menawarkan produk SBN (Surat Berharga Negara) Ritel yaitu Obligasi Negara Ritel seri ORI020. Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman mengatakan, ORI020 merupakan seri instrumen SBN ritel yang terakhir pada tahun 2021.

Masa penawaran ORI020 berlangsung mulai hari ini hingga 21 Oktober 2021 dengan minimum pemesanan Rp1 juta dan kelipatan Rp1 juta, serta maksimum pemesanan Rp2 miliar.

"Masyarakat dapat berinvestasi langsung melalui 27 chanel online mitra distribusi yang bekerja sama dengan pemerintah, ada bank, perusahaan sekuritas, fintech dan lain-lain," ujar Luky dalam Virtual Launching ORI020, Senin (4/10/2021).



Secara umum terdapat 4 langkah mudah untuk berinvestasi ORI020. Pertama registrasi, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi. Mengutip laman kementerian keuangan, calon investor dapat mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis).

Masyarakat nantinya dapat memasukkan data-data antara lain data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga. Bagi Calon Investor yang belum memiliki nomor SID, Rekening Dana, dan/atau Rekening Surat Berharga, dapat menghubungi Midis.

Setelah registrasi berhasil, calon investor melakukan pemesanan ORI020 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran ORI020.



Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), calon investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

Setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi ORI020 pada tanggal setelmen/penerbitan.

Setelah setelmen, investor dapat meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan ORI020 kepada Mitra Distribusi. "Seluruh dana yang didapatkan dari ORI020 akan digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan APBN 2021. Penggunaan APBN ini termasuk dalam upaya dan penanganan dampak dari pandemi Covid 19," bebernya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)