Perusahaan Tower Terbesar Bakal Melantai di Bursa Tahun Ini

Selasa, 05 Oktober 2021 - 20:29 WIB
loading...
Perusahaan Tower Terbesar Bakal Melantai di Bursa Tahun Ini
Anak usaha PT Telkom di bidang tower disiapkan untuk IPO. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN memastikan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel), akan melantai di Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Meski begitu, initial public offering ( IPO ) kemungkinan dilakukan di awal tahun 2022.

"Yang pasti Mitratel-lah ya yang terdekat. Kan kita tahu Mitratel ini perusahaan pemilik tower terbesar yang ada. Dan ini akan menjadi bintangnya perusahaan tower di Indonesia," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Selasa (5/10/2021).



Pemegang saham mengungkap, perseroan memiliki aset dan pelayanan yang baik. Mitratel dicatat sebagai perusahaan yang memiliki jumlah tower terbanyak di Indonesia. Sementara, dari segi pelayanan perseroan pun dibantu fiber optik.

"Aset dan servis yang mereka miliki punya kelebihan. Mereka disuport dengan namanya fiber optik sehingga tower itu punya power yang kuat, tidak hanya sekedar radio," kata dia.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir memang menargetkan IPO Mitratel pada akhir 2021 atau awal 2022. Langkah go public didasarkan pada pertimbangan atau kebutuhan pasar BEI sehingga pihaknya tetap melihat dinamika pasar sebelum memutuskan untuk melantai.



Pencatatan saham di pasar modal pun akan dilakukan dua subholding milik PT Pertamina (Persero), yakni subholding pelayaran (shipping) dan subholding energi terbarukan (renewable energy). Pemegang saham menargetkan go public dilakukan di akhir tahun ini atau awal tahun depan.

"Nanti yang namanya Mitratel akan kita siapkan leader go public di tahun ini atau awal tahun depan. Nanti tergantung market, kita bisa lihat. Pertamina yang menarik, karena di Pertamina ini ada dua subholding, kembali kita juga melihat situasi bursa, apakah di tahun ini ataukah di awal tahun depan," ujar Erick.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)