Jaga Keuangan dan Produktivitas, Lindungi Diri dari Penyakit Kritis

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 19:19 WIB
loading...
A A A


Sayangnya, kesadaran masyarakat terhadap penyakit autoimun saat ini masih rendah karena gejalanya yang bervariasi dan menyerupai beragam penyakit lainnya.

“Penyakit autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang tubuh sendiri karena tidak dapat membedakan antara sel asing dan sel tubuh sendiri," jelas dokter spesialis penyakit dalam Stevent Sumantri pada webinar DBS eTalk Series bertajuk “Autoimmune Won’t Keep You Apart: Living Well with Loved Ones“ pada Kamis (7/10/2021).

Menurut dia, penyakit autoimun dapat menyebabkan timbulnya penyakit lainnya, atau bahkan berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik dan tepat. "Namun pasiennya dapat menjalani hidup dengan baik dan nyaman jika terdiagnosis sejak awal serta mendapatkan perawatan yang tepat secara konsisten," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Puteri Indonesia 2009 sekaligus Duta Autoimmune Indonesia Qory Sandioriva juga membagikan pengalaman pribadinya terkait penyakit autoimun yang diderita sejak usia 16 tahun.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)