Wuss, Naik Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Cuma 5 Jam

loading...
Wuss, Naik Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Cuma 5 Jam
Perjalanan kereta cepat Jakarta-Surabaya bisa ditempuh hanya 5,5 jam. FOTO/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya meningkatkan konektivitas antar daerah dengan terus membangun infrastruktur moda transportasi yang lebih cepat dan efisien. Salah satunya dengan menghadirkan kereta cepat.

"Melalui kereta cepat, yang awalnya diperkirakan butuh waktu tempuh 11 jam dari Jakarta-Surabaya kami percepat hanya 5,5 jam saja," ujar Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji saat berbincang dengan MNC Portal Indonesia, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Luhut Nambah Jabatan Lagi, Jadi Komandan Proyek Kereta Cepat

Menurut dia pemangkasan waktu perjalan dilakukan dengan mengupgrade sistem kereta cepat hingga pembangunan jalur rel kereta. "Untuk kereta cepat Jakarta-Surabaya, kami ingin meng-upgrade kecepatan dan juga jalur rel," kata dia.



Dia mengatakan hubungan kerjasama ekonomi dengan Indonesia akan terus terkalin dengan baik. Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan sinergi antar kedua negara.

Tidak hanya kereta cepat, proyek-proyek infrastruktur antara Jepang-Indonesia antara lain Semi-High Speed Train Jakarta-Surabaya, Pelabuhan Patimban, serta pembangkit-pembangkit listrik. "Jepang telah lama investasi di Indonesia dan kami ingin melanjutkan tradisi baik mendukng pembangunan dan pengembangan infrastruktur di Indonesia," ujar dia.

Baca Juga: Terungkap Kendala Utama Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Bikin Biaya Bengkak

Ia menekankan bahwa Jepang akan terus melakukan transfer teknologi turut meningkatkan kapasitas SDM di Indonesia. Dengan demikian, Jepang turut berkontribusi meningkatkan pembangunan juga kesejahteraan warga. "Saya pikir, kerjasama infrastruktur yang baik akan terus terjalin di masa depan," jelasnya.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top