Ekspor Berada di Puncak, Jokowi: Daya Saing Harus Terus Ditingkatkan

Kamis, 21 Oktober 2021 - 11:54 WIB
loading...
Ekspor Berada di Puncak, Jokowi: Daya Saing Harus Terus Ditingkatkan
Jokowi mendorong agar ekspor terus ditingkatkan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan bahwa saat ini pandemi Covid-19 di tanah air terkendali dengan baik. Menurutnya, kondisi itu harus dimanfaatkan untuk mengaktifkan lagi perdagangan global .

“Alhamdulillah kondisi pandemi Covid-19 bisa kita kendalikan dengan baik. Oleh sebab itu kerja sama dan perdagangan global harus segera kita aktifkan,” katanya saat membuka Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021, Kamis (21/10/2021).



Jokowi menekankan bahwa saat ini Indonesia membuka seluas-luasnya kerja sama internasional.

“Kerja sama perdagangan yang berimbang dan saling menguntungkan. Investasi yang berkualitas yang membuka banyak kesempatan kerja serta transfer teknologi dan peningkatan kapasitas SDM secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Jokowi menyebut bahwa nilai ekspor Indonesia di tahun ini mencapai puncak, yaitu sebesar USD142,01 miliar dan tumbuh 37,77% year on year. Namun, dia meminta agar jangan lengah.

Menurutnya Indonesia berpeluang tumbuh lebih tinggi lagi dari capaian tersebut. Pasalnya potensi pasar ekspor masih terbuka lebar. Hal ini diperkuat juga dengan pertumbuhan positif di negara-negara mitra dagang Indonesia.



“Daya saing harus terus ditingkatkan. Kita tetap punya peluang tumbuh lebih tinggi. Karena potensi pasar ekspor masih terbuka lebar, mitra dagang kita juga mulai pulih dan kuartal kedua 2021 Tiongkok tumbuh 7,9% year on year, AS tumbuh 12,2%, Jepang tumbuh 7,6%, dan India bahkan tumbuh 20,1%. Peluang ini harus kita manfaatkan untuk mendorong peningkatan ekspor sebanyak-banyaknya,” pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3937 seconds (0.1#10.140)