Yayasan Hadji Kalla Berdayakan Komoditas Lokal Kopi Boneposi

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 06:44 WIB
loading...
A A A
Kegiatan penyuluhan dan pelatihan dilakukan di salah satu rumah warga, pada tanggal 16 sampai 17 Oktober 2021. Tingkat partisipasi dari warga masyarakat terpantau tinggi, terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti pelatihan di Desa Boneposi sejumlah 19 orang yang berasal dari perwakilan ibu-ibu PKK dari masing-masing dusun dan pemuda di Desa Boneposi.

"Setelah kegiatan ini selesai dilaksanakan, pengkajian lebih lanjut akan dilakukan, meliputi pengembangan daerah pengolahan sabun handmade yang mencakup daerah yang lebih luas di tingkat Kabupaten Luwu, karena sesuai dengan Program Pemerintah Kabupaten Luwu yang menitikberatkan pada potensi Wilayah Kecamatan Latimojong sebagai kawasan perkebunan kopi terbesar,” tandas Akhsan.

Program ini sangat mendukung guna percontohan bagi kecamatan sekitarnya. Ekspansi pasar akan dilakukan pada tahap kegiatan selanjutnya, karena Kabupaten Luwu memiliki banyak objek kawasan wisata yang strategis sehingga dapat dimanfaatkan dalam skala luas sebagai pasar utama produk sabun yang dibuat.

"Salah satu usaha promosi dan pemasaran yang kami lakukan adalah melalui media sosial seperti Instagram dan juga facebook, kami juga perkenalkan produk ini melalui pameran produk desa di IKM Barambing Kabupaten Luuw, baru baru ini,” tutup Akhsan.

Sementara itu, Mardi, selaku Ketua BPD Desa Boneposi menerangkan bahwa langkah pelatihan yang diambil dengan produk sabun berbahan dasar kopi, merupakan salah satu inovasi terbaru dari pemanfaatan kopi khas latimojong. Pendampingan yang dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla, memberikan suatu bentuk kreatifitas dalam pengolahan hasil pertanian kopi.



“Sebelumnya telah dibuat pengharum mobil dari biji kopi, dan saat ini sudah ada produk baru, yakni sabun kopi, semoga akan semakin banyak ide lain yang bisa menghasilkan produk baru yang bisa menambah keragaman ekonomi di desa kita,” ujar Mardi.
(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)