5 Bandara Termewah di Indonesia, Telan Anggaran Triliunan Rupiah

Selasa, 26 Oktober 2021 - 16:57 WIB
loading...
5 Bandara Termewah di Indonesia, Telan Anggaran Triliunan Rupiah
Bandara YIA masuk dalam daftar bandara termewah di Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bandara termewah di Indonesia kini merata tersebar di sejumlah daerah. Jadi bandara termewah tak hanya melulu ada di daerah-daerah Jawa saja, tapi juga ada di luar Jawa.

Menyandang status sebagai bandara termewah, tentu saja memiliki desain yang megah hingga fasilitas yang mumpuni. Tujuannya, tentu saja memberi kenyamanan para pengguna, dan juga menjadi simbol-simbol kebanggaan daerah yang bersangkutan.



Kebanggaan yang tak hanya ditujukan kepada masyarakat domestik, tapi juga dunia internasional. Jadi dana besar yang digunakan untuk membangun bandara termewah bisa dibilang tak sia-sia.

Bandara mewah nan megah tak hanya merupakan sarana transportasi publik, tapi juga bisa menjadi daya tarik sektor pariwisata. Tak sedikit masyarakat yang terbang jauh-jauh hanya untuk melihat kemegahan bandara tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (26/10/2021), berikut lima bandara termewah di Indonesia:

1. Bandara Sepinggan atau Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan International

Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadi bandara termegah di Indonesia. Bandara ini memiliki sistem keamanan canggih pada penanganan bagasi. Desain bandara berwarna putih modern bertema futuristic eco-airport yang ramah lingkungan. Dinding kaca transparan yang mengelilingi bandara membuat pengunjung dengan leluasa memandang ke luar tanpa merasa terpenjara.

Di bagian tengah terminal, ada juga taman yang berdekatan dengan area pengambilan bagasi. Bagian ini bisa dimanfaatkan penumpang yang jenuh menunggu pesawat. Penumpang bisa mengunjungi boutique mall yang terintegrasi. Bandara ini memiliki gedung parkir sebanyak 4 lantai yang mampu menampung 2.300 unit kendaraan.

Bandara ini memiliki luas 300 hektar dan merupakan bandar udara ke-4 terbesar dari 13 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I. Pembangunan bandara ini menelan anggaran Rp1,6 triliun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2242 seconds (0.1#10.140)