Bisnis E-Commerce Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19

Kamis, 04 Juni 2020 - 12:03 WIB
loading...
Bisnis E-Commerce Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19
Bisnis e-commerce dinilai dapat menjadi solusi di saat pandemi Covid-19 yang membatasi interaksi di masyarakat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, sektor bisnis e-commerce mampu mencetak pasar terutama ritel dan grosir. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menyebabkan kebiasaan berbelanja pun berubah menjadi pemesanan lewat aplikasi.

Ketua Bidang Human Capital Development IdeA Sofian Lusa menyebutkan, rata-rata sektor e-commerce pada pandemi ini mengalami kenaikan. Sektor yang paling banyak dicari adalah yakni kebutuhan pokok.

Berdasarkan data, barang-barang yang dicari di e-commerce yakni hand sanitizer sebanyak 5.585, vitamin 1.986, antiseptik 1.395, termometer 1.007 dan masker mulut 167.

"Kita lihat kita pada pandemi ini, banyak mencari kebutuhan pokok daripada mencari barang-barang elektronik ataupun fashion," ujar dia pada acara Market Review IDX Channel , Kamis (4/6/2020).

(Baca Juga: E-Commerce Jembatan bagi UMKM Daerah Masuki Pasar Nasional dan Global)

Menurut dia, pada Lebaran tahun ini transaksi di e-commerce meningkat pesat seperti pada hari belanja online nasional (harbolnas). Di mana transaksi e-commerce Indonesia menjadi tertinggi di Asia selama pandemi Covid-19.

"Jadi, e-commerce ini merupakan solusi bagi masyarakat yang mencari kebutuhan pokok pada saat PSBB diberlakukan," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)