Lamaran Kerja via Email Mau Dibaca HRD? Yuk Pelajari Caranya

Senin, 01 November 2021 - 17:24 WIB
loading...
Lamaran Kerja via Email Mau Dibaca HRD? Yuk Pelajari Caranya
Etika atau cara yang harus diperhatikan saat mengirim lamaran kerja via email. FOTO/Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Mengirim lamaran pekerjaan via e-mail memang terkesan mudah. Namun, ketika melamar kerja, tentu ada etika atau cara yang harus diperhatikan. Begitu juga saat Anda melamar kerja via e-mail.

Masih banyak pelamar kerja yang belum terlalu paham cara melamar pekerjaan via e-mail yang tepat dan sesuai etika. Lantas, bagaimana cara mengirim lamaran pekerjaan via e-mail yang tepat?



Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, ada beberapa tips mengirim lamaran pekerjaan via e-mail yang tepat. Mulai dari menggunakan alamat e-mail yang profesional, hingga perhatikan subyek dan body e-mail.

“Sebaik apapun lamaran kerja yang Rekanaker buat, jika cara pengirimannya bermasalah, bisa jadi e-mailmu akan diabaikan. Supaya Rekanaker tidak mengalami masalah tersebut, berikut ini Minaker kasih tau tips mengirim lamaran kerja via e-mail yang bisa digunakan sebagai panduan Rekanaker ya,” tulis Kementerian Ketenagakerjaan, Senin (1/11/2021).



Berikut beberapa tips mengirim lamaran pekerjaan via e-mail yang tepat:

1. Alamat E-mail yang Profesional

Pastikan Anda memiliki alamat e-mail yang terlihat profesional. Misalnya, gunakan nama depan dan belakang.

2. Lampirkan Dokumen

Jika CV-mu masih berbentuk Word, convert-lah ke dalam bentuk PDF. Lampirkan beserta file pendukung lainnya yang dibutuhkan perusahaan.

3. Subyek dan Body E-mail

Anda bisa menuliskan subyek e-mail dengan jelas dan singkat. Seperti (posisi yang dilamar) - (nama lengkap). Sedangkan body e-mail sebagai CV ringkas. Bagian tersebut hal pertama yang dibaca HRD.

“Jika mereka tertarik, maka HRD akan membaca dokumen yang Anda lampirkan secara menyeluruh,” tulis Kementerian Ketenagakerjaan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)