Bertemu Menlu Selandia Baru, Menlu Retno Minta Akses Buah Lokal

Senin, 15 November 2021 - 14:48 WIB
loading...
Bertemu Menlu Selandia Baru, Menlu Retno Minta Akses Buah Lokal
Menlu Retno Marsudi meminta Selandia Baru membuka akses untuk produk buah Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Selandia Baru Nanaia Mahuta di Jakarta, hari ini, Senin (15/11/2021). Ini merupakan kunjungan pertama Mahuta sebagai menlu.



“Suatu kehormatan bagi saya menerima kunjungan teman baik,” kata Retno dalam keterangan tertuilisnya.

Pada kesempatan tersebut, Retno memaparkan pencapaian perdagangan bilateral kedua negara pada September lalu. “Bulan September lalu tren perdagangan bilateral naik 37% year on year dan mencapai USD1,25 miliar (Rp17,7 triliun/kurs Rp14.200),” ujarnya.

Selain itu, Menlu Retno juga menyatakan bahwa kedua negara masih berupaya untuk meningkatkan target perdagangan bilateral pada 2024. Nilai transaksi yang ditargetkan sebesar USD2,8 miliar atau Rp39,7 triliun.

Dalam kesempatan itu kedua negara membahas berbagai isu, salah satunya adalah pemulihan ekonomi. Retno mengatakan fokus kerja sama pemulihan ekonomi Indonesia dan Selandia Baru diarahkan pada akses perdagangan dan investasi.



“kerja sama percepatan pemulihan ekonomi, tentunya perdagangan dan investasi selalu menjadi kunci dalam ekonomi dan saya sampaikan pentingnya perdagangan bilateral yang lebih seimbang,” kata Retno.

Retno meminta kepada Menlu Selandia Baru untuk membuka akses pasar bagi produk Indonesia, seperti buah-buahan tropis. Selain itu meminta penguatan investasi dan program peningkatan kapasitas di bidang pertanian dan peternakan di Indonesia.

Dalam kerangka upaya pemulihan ekonomi tersebut, perjanjian kerja sama antara Indonesia dan Selandia Baru dapat mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi.



“Dan saya berharap kerja sama perdagangan seperti ASEAN Australia New Zealand agreement dapat dimanfaatkan untuk mendorong perdagangan dan investasi,” tandas Menlu Retno.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)