Netizen Apresiasi BAKTI Buat Indonesia Terkoneksi

Rabu, 17 November 2021 - 17:39 WIB
loading...
A A A
Diketahui, BAKTI Kominfo menjalankan beberapa strategi yaitu realisasi proyek strategis nasional (PSN) Palapa Ring, perluasan pembangunan BTS, penyediaan akses internet di wilayah 3T, dan pembangunan ekosistem digital. Bahkan, saat ini proyek Palapa Ring telah menghubungkan 90 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan jaringan tulang punggung serat optik sepanjang lebih dari 12.148 km yang telah berhasil dibangun BAKTI.

(Baca juga:Selamatkan Moral Anak Muda, Kominfo Blokir Jutaan Situs Porno, Lantas Bagaimana VPN?)

Selain itu, perluasan pembangunan BTS yang secara khusus menyasar daerah 3T pun juga mengurangi kesenjangan digital. Untuk program pembangunan BTS ini, BAKTI Kominfo hingga saat ini telah mengaktifkan (on air) BTS sebanyak 1.632 lokasi, dimana 1.630 di antaranya sudah 4G dan 2 lokasi masih 2G yang akan ditingkatkan pada Desember ini.

Melihat data per November tahun ini, program akses internet BAKTI kini telah melayani 11.063 titik lokasi. Jumlah itu termasuk di antaranya 3.126 titik fasilitas layanan kesehatan yang akan terhubung akses internet di bulan Desember ini, sehingga menggenapkan seluruh puskesmas yang berjumlah 10.134 puskesmas terhubung dengan jaringan internet.

Selain itu, BAKTI juga sedang proses konstruksi satelit multifungsi (SATRIA) yang pengadaannya dijalin melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Satelit ini direncakan menggunakan teknologi very-High Throughput Satellite (v-HTS) dengan kapasitas bandwidth 150 Gbps. Rencananya, satelit ini akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2023.
(dar)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0982 seconds (10.101#12.26)