PLN Tingkatkan Keandalan Listrik Kawasan Wisata Bira

Rabu, 17 November 2021 - 18:48 WIB
loading...
PLN Tingkatkan Keandalan Listrik Kawasan Wisata Bira
PT PLN terus meningkatkan keandalan listrik di kawasan Wisata Bira. Foto: Dok/PLN
A A A
MAKASSAR - PT PLN (Persero) turut berkontribusi dalam pengembangan kawasan wisata, melalui peningkatan keandalan sistem kelistrikan.

Salah satunya di Kawasan Wisata Bira yang nantinya akan disuplai dua Gardu Induk (GI). PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Selatan (UPP Sulsel) menyiapkan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) Gardu Induk (GI) 150kV Tanete (New) yang berlokasi di Dusun Buhung Pute, Desa Bulo-bulo, Kecamatan Bulukumba.



Manager PLN UPP Sulsel, Rahmat Nichol Fauzen menyampaikan, pasokan listrik di Kawasan Wisata Bira sebelumnya hanya disuplai melalui GI Bulukumba, dengan beroperasinya GI Tanete nantinya listrik ke Kawasan Wisata Bira akan disuplai melalui dua Gardu Induk.

Hal itu, kata dia, dilakukan demi mendukung pengembangan potensi sektor wisata yang terletak di Gerbang Kawasan Timur Indonesia. Kawasan Wisata Bira memiliki banyak potensi pengembangan karena memiliki beberapa pantai yang indah, selain itu terdapat juga pengrajin pembuatan perahu Phinisi dan kerajinan tenun.

"Banyaknya potensi pengembangan di kawasan tersebut menarik sejumlah investor untuk berinvestasi, hal ini terlihat dari pertumbuhan beban kelistrikan dan penambahan jumlah pelanggan Kawasan Wisata Bira," ungkap Nichol.

Dia menambahkan, adanya GI Tanete akan meningkatkan keandalan listrik di Kawasan Wisata Bira, peningkatan keandalan ini juga nantinya tidak hanya akan dirasakan oleh sektor pariwisata.

"Selain Kawasan Wisata Bira nantinya pasokan listrik dari GI Tanete akan disalurkan ke pelanggan premium diantaranya Pemecah Batu PT Cahaya Sepang, PT Putra Kantisang, RSUD Sinjai, dan calon pelanggan premium seperti Kawasan Kantor Bupati Sinjai yang akan menjadi kawasan premium pemerintahan pertama di Wilayah Sulselrabar," urai Nichol.

Manager PLN Bidang Pengendali Proyek UPP Sulsel, Adrian Djamaludin menjelaskan GI 150kV Tanete (New) memiliki kapasitas transformator sebesar 30 MVA atau setara dengan 18.000 pelanggan baru.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)