Dairy Development Program Tingkatkan Kesejahteraan Peternak Sapi Perah

Kamis, 18 November 2021 - 17:26 WIB
loading...
A A A
Hingga saat ini, KPBS dan FFI telah membangun MCP digital di tujuh titik kelompok ternak di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, yang berlokasi di Los Cimaung, Warnasari, Cipanas, Citere, Mekar Mulya, Lembang Sari, dan Gunung Cupu.

Hingga tahun 2021, sebanyak 1.034 peternak sapi perah telah difasilitasi oleh tujuh MCP tersebut untuk membantu peternak sapi perah dalam mendapatkan penilaian kualitas susu segar yang valid dan penetapan harga yang adil.

“Keberhasilan MCP dengan sistem digital di Pangalengan ini menjadi motivasi bagi FFI untuk terus mengembangkan program ini bersama koperasi susu lainnya di Indonesia, demi meningkatkan kualitas susu segar dan kesejahteraan para peternak sapi perah di Indonesia,” papar Andrew.

FFI juga mengimplementasikan komitmen jangka panjangnya dalam menghadapi tantangan peternakan sapi perah dan pemberdayaan peternak sapi perah di Indonesia dengan membangun Dairy Village atau Desa Susu. Dairy Village merupakan sebuah percontohan peternakan sapi perah modern dan berkelanjutan pertama di Indonesia yang berlokasi di Ciater, Subang, Jawa Barat.



Dairy Village mulai dibangun sejak tahun 2016 berkat kerja sama FFI dengan Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang, Jawa Barat yang lahannya disediakan oleh PTPN VIII. Hal ini merupakan cerminan dukungan FFI kepada Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan swasembada susu.

Dairy Village juga merupakan hasil dari peningkatan kemitraan strategis yang telah berlangsung selama lebih dari 20 tahun dengan peternak sapi perah di Lembang.

Kemitraan tersebut bertujuan untuk tumbuh lebih kuat bersama-sama melalui program pemberdayaan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas SSDN. Pembangunan Dairy Village juga merupakan sebuah respons FFI dalam upaya berkontribusi pada target pemerintah.

“Program lainnya adalah Farmer2Farmer (F2F), Young Farmers Academy, BEWARA, Barn Renovation, dan Women Empowerment in Dairy ‘Kartini Peternak Indonesia,” tutup Andrew
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)