Kunjungi Lolai To Tombi, Sandiaga Siap Kembalikan Kejayaan Wisata Toraja

Senin, 22 November 2021 - 16:46 WIB
loading...
Kunjungi Lolai To Tombi, Sandiaga Siap Kembalikan Kejayaan Wisata Toraja
Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau objek wisata Lolai ToTombi (Negeri di Atas Awan), Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (22/11/2021). Foto/Ist
A A A
TORAJA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pembenahan wisata di Tana Toraja untuk memulihkan ekonomi masyarakat sekitar serta menciptakan lapangan pekerjaan.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat meninjau objek wisata Lolai To'Tombi (Negeri di Atas Awan), Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (22/11/2021). "Saya melihat di sini perlu ketegasan pemerintah untuk menata kawasan luar biasa indah dalam bentuk lintas kolaborasi," ujarnya.



Sandiaga mengungkapkan bahwa objek wisata tersebut sempat berjaya di era tahun 1980-an. Sandiaga pun berencana mengangkat kembali kejayaan objek wisata ini.

"Saya akan mengarahkan serta mengimplementasikan satu rencana yang akan mengangkat potensi Negeri di Atas Awan ini menjadi salah satu destinasi unggulan seperti di tahun 1980-an dimana Toraja menjadi destinasi unggulan setelah Bali," tegas Sandiaga.

Pada tahun depan, kata Sandiaga, Kemenparekraf berencana menghadirkan berbagai event pariwisata yang dapat menarik kembali para wisatawan ke Tana Toraja.

"Kami akan merancang event internasional di Toraja, di tahun 2022 dan 2023, yang tugasnya untuk menjadi sebagai gong memulai bahwa Toraja ini akan diarahkan secara totalitas menjadi destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan. Itu harapan kami, sehingga ekonomi bangkit, ekonomi kreatif pulih, lapangan kerja akan terbuka untuk kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.



Pada kesempatan tersebut, Sandiaga juga bercerita mengenai sensasi yang luar biasa indah saat berolahraga lari di objek wisata Negeri di Atas Awan tersebut. Ia mengaku optimis sektor pariwisata Toraja dapat dibenahi secara maksimal dan cepat sehingga dapat menjadi daya tarik wisawatan.

"Berlari di sini seperti berlari di atas awan, ada sawah, ada sungai yang mengalir, sensasi lain daripada yang lainnya dibandingkan kita berlari di perkotaan. Jadi untuk masyarakat perkotaan khususnya yang di daerah Indonesia Timur bahkan sampai Jakarta datang ke Toraja, dan dalam waktu tidak terlalu lama lagi, Toraja akan berbenah, jadi wisawatan yang dapat dihadirkan bukan wisawatan Nusantara saja tapi juga wisawatan mancanegara," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3717 seconds (0.1#10.140)