MNC Finance x Kamibox Kolaborasi Gerakan Daur Ulang Sampah Anorganik Perkantoran

Selasa, 30 November 2021 - 11:21 WIB
loading...
MNC Finance x Kamibox Kolaborasi Gerakan Daur Ulang Sampah Anorganik Perkantoran
Sampah kertas menyumbang 12.02% dari total keseluruhan jenis sampah yang ada dan 3,22% sampah berasal dari perkantoran. Hal ini yang mendorong MNC Finance berkolaborasi dengan Kamibox. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Permasalahan sampah kertas tidak terlepas dari permasalahan sampah secara keseluruhan. Salah satu permasalahan tersebut antara lain semakin sulitnya mencari lahan untuk tempat pembuangan akhir di daerah perkotaan dan mahalnya biaya transportasi sampah.

Pemerintah turut menekan jumlah sampah dengan mendorong para pelaku usaha dan perusahaan untuk mengurangi volume sampah mereka. Usaha pengurangan atau minimalisasi volume sampah yang diangkut ke TPA antara lain dengan melakukan daur ulang sampah , termasuk di dalamnya daur ulang sampah kertas.



Dengan usaha daur ulang akan didapatkan manfaat berupa berdirinya industri daur ulang sampah dan pemberdayaan masyarakat yang terlibat dalam prosesi pengolahan sampah tersebut. Sampah kertas sebagai salah satu bahan baku industri daur ulang saat ini belum terkelola dengan baik.

Lie Mangkusatya sebagai CEO dan Founder menyampaikan, visi tersebut dengan perusahaan yang didirikannya bernama Kamibox. Kamibox merupakan perusahaan pengolahan sampah di Jakarta yang memiliki layanan penjemputan dan mendistribusikan sampah anorganik untuk di daur ulang oleh pihak pabrik.

Menariknya, sampah yang sudah disetorkan kepada tim Kamibox akan dibayarkan sesuai dengan jumlah muatannya. Hal tersebut dapat menjadi semangat untuk para pelaku usaha agar lebih giat menyetor sampah mereka ke tim Kamibox.



Sampah kertas menyumbang 12.02% dari total keseluruhan jenis sampah yang ada dan 3,22% sampah berasal dari perkantoran. Hal ini yang mendorong MNC Finance berkolaborasi dengan Kamibox untuk dapat turut andil dalam usaha daur ulang sampah perkantoran. Kerja sama ini akan berlangsung setiap 3 bulan sekali, dimulai dari bulan November 2021.

“Sampah dari setiap divisi cukup banyak setiap bulannya yang merupakan dokumen-dokumen penting perusahaan, dengan adanya layanan dari Kamibox yang menjamin sampah tersebut terurai dengan baik maka kami senang sekali dapat berkontribusi secara langsung dalam tahapan daur ulang sampah anorganik di MNC Finance," ungkap President Director MNC Finance, Gabriel Mahjudin.

Pada pengumpulan sampah kertas pertama ini, lanjutnya, MNC Finance berhasil mengumpulkan total 68 kilogram sampah. "Semoga kerja sama ini dapat lebih luas lagi bahkan melibatkan bisnis unit lainnya di lingkup MNC Group,” papar Gabriel Mahjudin.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)