Pencapaian Besar, MNC Media Konsolidasi Aset Digital

Jum'at, 03 Desember 2021 - 09:50 WIB
loading...
Pencapaian Besar, MNC Media Konsolidasi Aset Digital
PT MNC Studios International Tbk (MSIN), anak perusahaan dari PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), hari ini telah mengambil langkah strategis dalam rangka untuk menciptakan Grup digital entertainment terbesar di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT MNC Studios International Tbk (MSIN), anak perusahaan dari PT Media Nusantara Citra Tbk ( MNCN ), hari ini telah mengambil langkah strategis dalam rangka untuk menciptakan Grup digital entertainment terbesar di Indonesia. Langkah strategis dari MSIN ini, akan mencakup masuknya super-app AVOD terbesar di Indonesia, RCTI+ dan SVOD OTT, Vision+ menjadi bagian dari Perseroan.

Selain itu, milestone penting dalam perjalanan digital Grup ini akan berperan sebagai sebuah batu loncatan untuk memperdalam pemahaman dan preferensi konsumsi pemirsa Indonesia di semua platform digital. Serta memperkuat kemampuan MSIN untuk memberikan masyarakat dengan konten-konten yang lebih relevan dan secara substansial meningkatkan daya saingnya untuk menghasilkan konten yang lebih baik di masa depan.



Konsolidasi tersebut juga akan mencakup enam portal MNCN , yaitu okezone.com, sindonews.com, inews.id, celebrities.id, idxchannel.com dan sportstars.id.

Platform digital terakhir yang akan menjadi bagian dari MSIN adalah BuddyKu, platform berita berbasis AI yang baru saja dirilis ke pasar Indonesia sebagai platform ekosistem konten yang menemukan cara baru dalam portal berita dan pembuatan konten bagi para content creator secara menyeluruh, baik yang berasal dari Grup, publisher lain, dan konten yang dihasilkan oleh pengguna.

"Kami sangat senang untuk mengumumkan pencapaian besar ini bagi Perseroan. Konsolidasi ini merupakan langkah penting bagi Perseroan untuk membuka potensi luar biasa dari bisnis digital Entertainment kami. Dengan transisi ini, Perseroan akan senantiasa memperbarui dan mempercepat ekspertise digital dan wawasan strategis, serta memperkuat posisi kami sebagai Grup konten dan digital entertainment terbesar di Indonesia," ujar Direktur MSIN, Valencia Tanoesoedibjo di Jakarta, Jumat (3/12/2021).

"Kami menyakini hal ini akan mempercepat pertumbuhan Perseroan menuju kesuksesan dalam jangka panjang, dengan terus berusaha untuk meraih peluang yang sangat besar dalam lingkup makro yang mendorong pertumbuhan industri media digital," sambungnya.

Penyelesaian transaksi ini akan tunduk pada pemenuhan berbagai persyaratan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh OJK, BEI, dan persetujuan pemegang saham. Setelah konsolidasi strategis tersebut selesai, MSIN akan berperan sebagai grup digital entertainment yang terbesar dan terintegrasi, yang terdiri dari rumah produksi konten terbesar, talent manajemen terbesar, media sosial dengan traffic terbesar, super-app SVOD/AVOD OTT, portal online dan lini bisnis khusus game.

Dengan asumsi proses konsolidasi ini berhasil, proforma pendapatan dan EBITDA masing-masing akan mencapai Rp4.603 miliar dan Rp1.043 miliar pada tahun 2023. Selanjutnya, Perseroan akan memiliki posisi yang menjanjikan untuk memanfaatkan peluang pasar, pengalaman, dan memperkuat posisinya di industri media. Pasca transaksi, MSIN berencana untuk mengubah namanya untuk mencerminkan struktur barunya sebagai Grup digital Entertainment.

Portofolio MSIN Saat Ini
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)