Berang karena Anggaran Turun Terus, Segini Besaran Gaji Pimpinan MPR

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB
loading...
Berang karena Anggaran Turun Terus, Segini Besaran Gaji Pimpinan MPR
Selain gaji, pimpinan MPR dan menteri juga mendapat sejumlah tunjangan. Foto/Dok SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Kehebohan yang dipicu desakan pimpinan MPR kepada presiden Joko Widodo agar mencopot Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjadi perbincangan publik dalam beberapa hari terakhir.

Sebagaimana diberitakan, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad pada Selasa (30/11/2021) menyampaikan, sesuai hasil rapat bersama 10 pimpinan MPR, pihaknya meminta Jokowi memecat Sri Mulyani yang dinilai tidak cakap dan menyepelekan MPR. Berangnya MPR juga disinyalir terkait pemangkasan anggaran MPR.

“Kami di MPR ini kan pimpinannya 10 orang, dulu cuma 4 orang kemudian 10 orang. Anggaran di MPR ini malah turun, turun terus. Kemudian kita rapat dengan Menteri Keuangan saya ingat, sosialisasi MPR empat pilar dia janji 6 kali, tahunya cuma 4 kali,” kata Fadel.

Baca juga: Jubir Wapres Bela Sri Mulyani Soal Desakan Pencopotan oleh Pimpinan MPR

Seiring ramainya pemberitaan polemik pimpinan MPR dan Menkeu, publik pun dibuat penasaran dengan besaran gaji dan tunjangan dari pimpinan MPR dan menteri keuangan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (5/12/2021), berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 75/2000, gaji pokok ketua MPR diketahui sebesar Rp5,04 juta per bulan.



Sementara, gaji pokok wakil ketua MPR sebesar Rp4,62 juta. Selain itu anggota MPR yang tidak merangkap sebagai anggota DPR, mendapat uang kehormatan sebesar Rp1,75 juta.

Baca juga: Selfie Beribu Makna Sri Mulyani-Bamsoet di Bali, Redam Polemik Pemecatan?

Selain mendapatkan gaji pokok, mereka juga mendapatkan rumah dinas, kendaraan dinas, hingga berbagai fasilitas lainnya untuk menunjang pekerjaannya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2323 seconds (11.252#12.26)