5 Negara Produsen Kedelai Terbesar di Dunia, Brasil Kalahkan AS

Kamis, 09 Desember 2021 - 16:46 WIB
loading...
5 Negara Produsen Kedelai Terbesar di Dunia, Brasil Kalahkan AS
Brasil menjadi negara produsen kedelai terbesar di dunia mengalahkan Amerika Serikat. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Brasil menjadi negara produsen kedelai terbesar di dunia mengalahkan Amerika Serikat (AS). Berdasarkan data World Atlas, jumlah pasokan kedelai yang diproduksi Brasil mencapai 124 juta metrik ton pada 2019-2020.

Kedelai merupakan produk utama pertanian di Brasil, di samping menjadi salah satu produk ekspor andalan. Sementara, pemasok kedelai terbesar dunia urutan kedua ditempati AS dengan produksi mencapai 96,79 juta metrik ton yang sebagian besar dipasok ke Tiongkok.



Sedangkan produksi kedelai di Indonesia hanya sebanyak 954 ribu ton pada 2020. Secara global, produksi kedelai dunia mencapai 384 juta metrik ton sampai November 2021. Kedelai menjadi salah satu komoditas penting dalam perdagangan internasional. Kebutuhan masyarakat akan kedelai terus meningkat setiap tahun, tak terkecuali Indonesia. Berikut negara produsen kedelai terbesar di dunia:

Brasil
Berdasarkan laporan World Atlas, Brasil tercatat sebagai negara penghasil kedelai terbesar di dunia. Jumlah pasokan kedelai yang diproduksi mencapai 124 juta metrik ton pada 2019-2020.

Tak hanya itu, kedelai merupakan produk utama pertanian di Brasil dan merupakan salah satu ekspor andalan. Brasil memiliki potensi besar untuk terus memperluas pertanian kedelai guna meningkatkan produksi.

Amerika Serikat
Pemasok kedelai terbesar kedua di dunia diduduki AS dengan produksi sebesar 96,79 juta metrik ton. Produksi kedelai AS paling banyak diserap di dalam negeri dan di ekspor ke Tiongkok.

Di dalam negeri, kedelai digunakan untuk memberi makan hewan. Seperti unggas, daging sapi, dan ikan. Lebih dari 70% kedelai di AS diubah menjadi pakan ternak, dan hanya sekitar 15% yang diproduksi untuk untuk di konsumsi masyarakat. Sedangkan sekitar 5% digunakan untuk biodiesel, dan sisanya di ekspor.

Argentina
Pemasok kedelai terbesar ketiga ditempati Argentina dengan produksi mencapai 51 juta metrik ton. Negara ini adalah produsen kedelai terbesar untuk produksi biodiesel. Argentina memasok kedelai sebanyak 60% dari permintaan global pada 2015 lalu.

China
Diurutan selanjutnya ada Tiongkok atau China dengan produksi mencapai 18,1 juta metrik ton. Sebagian besar kedelai dinegara itu ditanam di Provinsi Heilongjiang Utara dekat perbatasan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3339 seconds (0.1#10.140)