Pembangunan PSEL Mendesak Segera Dituntaskan

Kamis, 09 Desember 2021 - 18:53 WIB
loading...
Pembangunan PSEL Mendesak Segera Dituntaskan
Pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) Benowo. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pembangunan pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di Kota Tangerang sebagai wujud dukungan terhadap proyek strategis nasional mendesak dituntaskan. Fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik tersebut bertujuan untuk meningkatkan tata kelola sampah yang samakin menumpuk di daerah tersebut.

"Saat ini, prosesnya sudah di tahap akhir, kalau tidak ada halangan Pemkot dan konsorsium pemenang lelang dapat menyepakati secara formal. Keyakinan saya, prosesnya sudah mendekati selesai, dan segera masyarakat kota tangerang akan memiliki fasilitas PSEL yang mantap!," kata Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo, melalui keterangan resmi, Kamis (9/12/2021).



Menurut Gatot, proses pembangunan PSEL cukup dinamis. Legislatif dalam menjalankan fungsi pengawasan juga secara cermat mempelajari dan menilai setiap informasi yang masuk. Intinya, payung hukum dari pemerintah sudah lengkap, dari Perpres 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan sampai peraturan-peraturan turunan semua sangat mendukung pemerintah kota Tangerang untuk memaksimalkan layanan pengolahan sampah yang sejatinya adalah hak dasar.

"Komitmen saya, sebagai perwakilan masyarakat Kota Tangerang adalah mengawal dan mensukseskan, karena yang perlu fasilitas pengolahan sampah adalah kita semua. Saya sedih, dan ngeri juga melihat TPA rawakucing yang semakin penuh dan memberikan dampak lingkungan yang tidak sedikit bagi masyarakat," tegas Gatot.

Program PSEL, kembali ditegaskan Gatot, sangat penting untuk direalisasikan. Ia mencontohkan, saat ini fasilitas pengelolaan sampah masih konvensional, akibatnya sampah terus menumpuk di TPA. Jika tidak ada terobosan seperti melalui PSEL, generasi penerus di Kota Tangerang, yang kebagian bau dan limbahnya jika tidak ada keputusan yang berdampak baik di masa depan.

"Hal ini sekaligus pembuktian kemajuan Kota Tangerang dibanding kota-kota lain di Indonesia, bahwa Kota Tangerang mampu membangun industri baru yang sejalan dengan peningkatan kontribusi ekonomi hijau nasional," jelasnya.



Ia meminta, semua pihak memberikan dukungan duduk bersama, dan PSEL tidak ditunda-tunda lagi. Memang tetap perlu hati-hati, namun sambil tetap taktis dalam mengambil kebijakan mengingat kedaruratan sampah yang dialami Kota Tangerang.

"Saya dan tentunya masyarakat jelas ingin PSEL Kota Tangerang segera dibangun, jangan ditunda lagi. Apalagi, PSEL ini sudah dikaji secara komprehensif di tingkat pemerintah pusat, dan dikaji lagi oleh tingkat kota," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)