Menko Airlangga Pede Ekonomi Kuartal IV 2021 Tumbuh Tembus 5%

Senin, 13 Desember 2021 - 17:39 WIB
loading...
Menko Airlangga Pede Ekonomi Kuartal IV 2021 Tumbuh Tembus 5%
Berbagai indikator utama ekonomi menunjukkan tren positif yang dibeberkan Menko Airlangga, sehingga diyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan IV tahun 2021 dapat mencapai hingga lebih dari 5%. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kondisi pandemi yang terkendali di Indonesia telah membawa optimisme dan kepercayaan diri bagi masyarakat dan dunia usaha. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyakini pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5% bila melihat beberapa indikator.

“Berbagai indikator utama ekonomi menunjukkan tren positif. Indeks kepercayaan konsumen pada bulan Oktober 2021 mencapai 118,5 yang mengindikasikan pulihnya kepercayaan dari sisi permintaan. PMI Manufaktur mencapai 53,9, turut menunjukkan perbaikan di sisi penawaran,” ujar Menko Airlangga saat menyampaikan Keynote Address dalam US-Indonesia Investment Summit 2021 secara virtual, Senin (13/12/2021).



Berbagai indikator unggulan sektor eksternal menunjukkan ketahanan yang baik hingga akhir November 2021. Hal ini terlihat pada posisi Cadangan Devisa dan Neraca Perdagangan Indonesia yang relatif stabil meningkat sejak tahun 2019.

Sedangkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar memiliki tren yang fluktuatif, namun masih menunjukkan perbaikan.

"Keberhasilan pemerintah Indonesia dalam menekan kasus positif Covid-19, telah memberikan keleluasaan bagi mobilitas masyarakat. Selain itu, pertumbuhan tabungan kelas menengah juga sudah mulai menurun, sehingga diperkirakan konsumsi masyarakat akan meningkat," ungkap Airlangga.



Perbaikan ini memberikan optimisme bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan IV tahun 2021 dapat mencapai hingga lebih dari 5% dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di masa mendatang.

"Pada tahun 2022, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mencapai 5,2%," tukasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)