Menaker Minta Komitmen Dunia Usaha Lindungi Pekerja

Selasa, 14 Desember 2021 - 19:28 WIB
loading...
Menaker Minta Komitmen Dunia Usaha Lindungi Pekerja
Menaker minta dunia usaha untuk lindungi pekerja. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan bahwa pemerintah terus berkomitmen dalam memberikan pelindungan bagi para pekerja dari praktik diskriminasi, kekerasan, dan pelecehan di tempat kerja. Selain dari pemerintah, komitmen juga harus datang dari dunia usaha.

Baca juga: Banyak Pekerja Tak Sesuai Bidang Pendidikan, Kemnaker Ungkap Solusinya

"Kementerian Ketenagakerjaan mendorong dunia usaha dan pelaku industri untuk melakukan komitmen pelindungan kepada pekerja dari praktik diskriminasi, kekerasan, dan pelecehan di tempat kerja," ucap Menaker di Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Menurut Menaker, komitmen dibutuhkan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan kerja (K3) agar tercipta lingkungan kerja yang aman, sehat, dan sejahtera dalam rangka mewujudkan produktivitas kerja yang optimal.

"Kita juga mendorong dunia kerja ataupun otoritas terkait untuk dapat berkolaborasi, bersinergi dan bekerja sama dalam mengambil langkah-langkah dan inisiatif dalam upaya menuju budaya tempat kerja bebas kekerasan dan pelecehan," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, di masa pandemi pihaknya juga mendorong semua pihak agar dapat berkomunikasi melalui dialog sosial utamanya antara pekerja dan pengusaha. Melalui dialog sosial, permasalahan di tempat kerja dapat dikomunikasikan dan dapat diatasi bersama.



"Dialog sosial dapat mempertemukan beragam kepentingan di dalam hubungan industrial untuk mencapai kondisi yang kondusif bagi dunia usaha tanpa mencampakkan hak-hak para pekerja," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)