Gerainya Ada di Mana-mana, Segini Kekayaan Bos Indomaret dan Alfamart

Rabu, 15 Desember 2021 - 15:45 WIB
loading...
Gerainya Ada di Mana-mana, Segini Kekayaan Bos Indomaret dan Alfamart
Jaringan minimarket Alfamart dan Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia sukses menjadikan pemiliknya orang-orang terkaya di Indonesia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Memiliki belasan ribu gerai yang tersebar di seluruh Indonesia, Indomaret dan Alfamart boleh disebut sebagai dua penguasa jaringan minimarket di Indonesia. Indomaret dan Alfamart sampai akhir 2020 tercatat memiliki masing-masing 18.113 dan
15.434 gerai di seluruh Indonesia.



Dengan posisi tersebut, tak heran kalau kekayaan bos PT Indomarco Prismatama (Indomaret) dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menimbulkan keingintahuan publik. Faktanya, kekayaan Anthony Salim sebagai pemilik Indomaret dan Djoko Susanto sebagai pendiri Alfamart memang terbilang fantastis.

Mengutip Forbes, Rabu (15/12/2021), Anthony Salim sebagai bos Indomaret memiliki kekayaan senilai USD8,5 miliar atau setara Rp121,5 triliun. Anthony juga masuk dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia di posisi ketiga.

Sementara, bos Alfamart Djoko Susanto diketahui memiliki kekayaan sebesar USD1,9 miliar atau setara Rp27,1 triliun. Dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia, Djoko berada di posisi ke-22.

Djoko Susanto merupakan seorang pemilik grup Alfamart, bisnis ritel dengan konsep minimart. Dia kemudian mengembangkan bisnis ritel Alfa Supermarket yang saat ini di bawah pengelolaan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.



Djoko Susanto yang lahir di Jakarta pada 9 Februari 1950 memulai bisnisnya dari bawah. Di usia 17 tahun dirinya mengurus kios sederhana milik orang tuanya di Pasar Arjuna, Jakarta. Mengalami jatuh-bangun dalam usaha dagangnya, Djoko sempat beralih ke bisnis rokok bekerja sama dengan Putera Sampoerna.

Namun, ia kembali menggeluti bisnis ritel melalui Alfa Minimart, yang kini terus berkembang dan sukses mengantarkannya menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3602 seconds (0.1#10.140)