Daftar Lengkap 50 Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes di 2021

Rabu, 15 Desember 2021 - 19:06 WIB
loading...
Daftar Lengkap 50 Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes di 2021
Daftar orang terkaya di Indonesia kembali dirilis oleh Forbes menjelang akhir tahun 2021. Tercatat ada 50 nama dalam daftar orang terkaya RI, ini list lengkap beserta nilai kekayaannya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Daftar orang terkaya di Indonesia kembali dirilis oleh Forbes menjelang akhir tahun 2021. Tercatat ada 50 nama dalam daftar orang terkaya RI .

Posisi pertama masih ditempati oleh Hartono bersaudara, pemilik perusahaan rokok Djarum dan pemilik PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) itu tetap mempertahankan posisi teratasnya dalam daftar orang terkaya Indonesia.

Secara garis besar, total kekayaan mereka berdua mencapai USD42,6 miliar atau setara dengan Rp608,68 triliun (Kurs Rp14.288/USD).



Pada posisi kedua ada Widjaja family dengan kekayaan tercatat sebesar USD9,7 miliar atau senilai dengan Rp138,59 triliun. Keluarga Widjaja mewarisi kerajaan bisnis Eka Tjipta Widjaja, yang meninggal pada Januari 2019 pada usia 98 tahun.

Datang sebagai imigran China ke Indonesia, Eka Tjipta Widjaja mulai menjual biskuit saat remaja. Kemudian ia melebarkan sayap bisnisnya di bidang real estat dan sukses dengan bendera Sinar Mas Group, yang merupakan salah satu konglomerat pada masa Orde Baru.

Saat ini Sinar Mas memiliki banyak lini bisnis, mulai dari bidang kertas, real estat, jasa keuangan, kesehatan, agribisnis dan telekomunikasi. Empat putra tertua Widjaja mengawasi kekaisaran yang ia bangun, sementara yang lain telah membangun bisnis mereka sendiri.

Pada posisi ketiga ada Anthoni Salim dengan kekayaan USD8,5 miliar setara Rp121,45 triliun. Ia memimpin Salim Group, dengan beragan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi hingga energi.

Salim adalah CEO Indofood dengan pendapatan sebesar USD5,8 miliar yang merupakan salah satu pembuat mie instan terbesar di dunia. Ia juga memiliki saham di perusahaan investasi Yang terdaftar di Hong Kong First Pacific dengan aset USD27 miliar di enam negara.

Anthoni adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dari almarhum Liem Sioe Liong, seorang taipan yang selama beberapa dekade sangat dekat dengan Presiden Soeharto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)