PT Nugra Santana Bangkitkan Ekonomi Warga Lewat Program CSR

Selasa, 21 Desember 2021 - 18:01 WIB
loading...
PT Nugra Santana Bangkitkan Ekonomi Warga Lewat Program CSR
Salah satu kegiatan CSR PT Nugra Santana. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Nugra Santana, konglomerasi besutan Ibnu Sutowo, berencana menggunakan lahannya di kawasan Pulo Ampel, Serang, Banten, untuk kegiatan bisnis masyarakat sekitar. Tujuannya, mendorong perekonomian warga lokal .

Direktur PT Nugra Santana Zavnura Pingkan mengatakan, salah satu lahan yang akan dialihfungsikan adalah tanah yang disewa oleh PT Fajar Angkasa Mandiri (FAM) yang menjadi lokasi penambangan di desa tersebut.



Dari data Minerba One Data Indonesia (MODI) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), izin berusaha untuk penambangan batu marmer yang dilakukan PT FAM telah berakhir pada 15 Desember 2021 lalu. Sedangkan berdasarkan perjanjian dokumen yang dimiliki Nugra Santana selaku pemegang kuasa lahan dan PT FAM sebagai penyewa tercatat telah berakhir pada September 2020.

"Namun, berdasarkan pantauan warga sekitar hingga Kamis 16 Desember 2021 lalu, aktivitas PT FAM masih terus berlanjut," ujar Nugra dalam keterangan pers, Selasa (21/12/2021).

Menurutnya, sejak 1977 silam perusahaan sudah memiliki lahan di kawasan Pulo Ampel dengan tujuan ingin membangun pelabuhan di kawasan tersebut. Atas dasar itu, pihaknya ingin memastikan agar masyarakat sekitar bisa merasakan dampak secara langsung dari kehadiran perusahaan di daerahnya.

“Bahkan, almarhum kakek saya, Letjen dr. Ibnu Sutowo, adalah orang pertama yang melakukan pemugaran menyeluruh terhadap Masjid Agung Kesultanan Banten dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat Banten pada tahun 1975 saat beliau menjabat sebagai pendiri dan direktur utama Pertamina,” katanya.

Setelah dicapai kesepakatan dengan Pelindo II, kedua perusahaan kemudian bekerja sama membangun Pelabuhan Internasional Bojonegara. Keberadaan pelabuhan itu nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan nasional.



"Kita melakukan kegiatan CSR dengan membagikan paket sembako ke daerah Pulo Ampel. Kita punya lahan di sana dari tahun 1977, kemudian penandatanganan MoU dengan Pelindo II untuk pengoperasian pelabuhan," ungkap dia.

Tak hanya mengalihkan kegunaan lahan perusahaan, lewat program Corporate social Responsibility (CSR), perusahaan melakukan bakti sosial (baksos) dengan membagikan 500 paket sembako kepada masyarakat Pulo Ampel.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)