PLN Nyalakan Listrik di TTS, Warga Desa Fatu'ulan Nikmati Listrik Setelah 52 Tahun

Rabu, 22 Desember 2021 - 11:57 WIB
loading...
PLN Nyalakan Listrik di TTS, Warga Desa Fatuulan Nikmati Listrik Setelah 52 Tahun
PLN melakukan penyalaan listrik di Desa Fatuulan, Kecamatan Ki’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) terus melakukan penyambungan listrik di daerah-daerah terpencil. Jelang perayaan Natal beberapa hari ke depan, perseoran melakukan penyalaan listrik di Desa Fatuulan, Kecamatan Ki’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam upaya menyambungkan listrik di Desa tersebut, PLN melakukan sejumlah investasi senilai Rp5 miliar. Dana itu dialokasikan untuk pembangunan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 7,82 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 15,92 kms, dan 4 buah gardu dengan total 200 kiloVolt Ampere (kVA).



General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko mengatakan, upaya menyambungkan aliran listrik ke daerah ini begitu menantang karena jarak yang ditempuh untuk sampai di desa ini memerlukan waktu 6 jam. Di sisi lain, Desa Fatu'ulan berada di ketinggian 1.800 mdpl dengan medan terjal naik turun.

Namun, letih petugas PLN terbayarkan dengan pesona alam Desa Fatuulan yang indah. Tak salah, daerah ini sering disebut negeri di atas awan. Kini, penyambungan listrik di Desa Fatuulan juga langsung dinikmati oleh 525 kepala keluarga (KK).

"Kabupaten Timor Tengah Selatan ini untuk KK yang sudah berlistrik baru sekitar 101.000 dari total 143.000, jadi masih ada 42.000 KK/rumah yang belum menikmati listrik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/12/2021).



Agustinus berharap dengan adanya penyambungan listrik ini dapat meningkatkan rasio elektrifikasi di TTS, masyarakat akan semakin sejahtera, produktif, dan ujungnya mampu meningkatkan perekonomian desa.

Pada kesempatan yang sama, Bupati TTS Egusem Piether Tahun mengapresiasi perhatian PLN di Kabupaten TTS. Pasalnya, di wilayah ini masih ada 42.000 KK yang belum menikmati listrik.

"Harapan saya, penyambungan listrik ini dapat mendorong masyarakat meningkatkan taraf hidupnya dengan menggunakan listrik dari PLN," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)