Gelar Ajang Formula E, Ini Manfaat buat Ancol

Senin, 03 Januari 2022 - 07:06 WIB
loading...
Gelar Ajang Formula E, Ini Manfaat buat Ancol
Taman Impian Jaya Ancol akan menjadi tempat pelaksanaan Formula E. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) membenarkan bahwa lahan perseroan menjadi lokasi kegiatan Formula E yang dilakukan oleh PT Jakarta Propertindo. Perseroan bertindak sebagai penyedia lahan yang disewa.

Mengutip penjelasan PJAA di keterbukaan informasi BEI, dikutip Senin (3/1/2021), Direktur PJAA Suparno menegaskan bahwa latar belakang terpilihnya lahan perseroan menjadi tempat kegiatan Formula E karena Ancol merupakan salah satu dari lima track yang akan diputuskan dan disurvei oleh FEO dan FIA.



"Sesuai dengan pernyataan dari Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan Ancol sebagai lokasi yang dipilih, antara lain venue yang ikonik, yang khas Jakarta, namun juga sesuai standar FEO dan FIA dan tidak mengganggu fasilitas umum," tulis Suparno.

Dia menambahkan, penentuan lokasi di Ancol ini juga merupakan masukan dari Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, yang ingin agar DKI mempunyai sebuah sirkuit untuk memfasilitasi kegiatan balap dan otomotif di masyarakat.



Selanjutnya tentang potensi manfaat yang perseroan peroleh atas dijadikannya lahan Ancol untuk kegiatan Formula E adalah pendapatan atas nilai sewa tersebut.

"Perjanjian sedang dalam tahap penyusunan dan akan segera dilakukan laporan Keterbukaan Informasi sebagai pemenuhan kewajiban perusahaan terbuka selambat-lambatnya dua hari kerja setelah perjanjian ditandatangani. Sementara untuk nilai sewa sedang ditunjuk KJPP independen untuk menghitung nilai sewa yang layak dan wajar atas lahan yang digunakan kegiatan Formula E oleh PT Jakarta Propertindo," jelas Suparno.

Sebagaimana diketahui, lokasi sirkuit Formula E diputuskan di Ancol. Beberapa waktu setelah Ancol dijadikan lokasi Formula E, PT Pembangunan Jaya Ancol (PJAA) mendapat kredit sebesar Rp1,24 triliun dari Bank DKI.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini menegaskan, penandatanganan kerja sama kolaborasi bisnis Bank DKI dengan Ancol pada 20 Desember 2021 lalu terdiri dari atas kredit modal kerja sebesar Rp389 miliar. Dana itu untuk tambahan modal kerja operasional Ancol yang sudah kembali melaksanakan aktivitas bisnisnya seiring dengan relaksasi pembatasan sosial di DKI Jakarta.



Selanjutnya kredit investasi sebesar Rp516 miliar untuk refinancing PUB II Obligasi Tahap II Ancol dan kredit investasi sebesar Rp334 miliar untuk revitalisasi dan penataan gerbang timur Ancol, pembangunan atraksi baru Bird Land, renovasi wahana-wahana Dufan, renovasi dan revitalisasi hotel Putri Duyung, serta renovasi atraksi Sea World.

“Dengan demikian penyaluran kredit tersebut tidak ada kaitannya dengan Formula E,” tegas Herry.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2055 seconds (0.1#10.140)