Kenalkan Robot Barista, FamilyMart tetap Fokus ke Penjualan Offline

Minggu, 09 Januari 2022 - 15:36 WIB
loading...
Kenalkan Robot Barista, FamilyMart tetap Fokus ke Penjualan Offline
Robot Barista sedang melayani pesanan kopi di gerai Family Mart di pusat perbelanjaan Grand Indonesia East Mall, Jakarta, Sabtu (8/1/2022). (Foto: Astra Bonardo)
A A A
JAKARTA - Jaringan convenience store(minimarket) FamilyMart membuat memperkenalkan layanan pesan minuman kopi yang sepenuhnya dilayani oleh robot yang diberi nama Robot Barista. Layanan ini diperkenalkan di gerai FamilyMart di pusat perbelanjaan Grand Indonesia East Mall, Jakarta, Sabtu (8/1/2022).

CEO FamilyMart Indonesia, Wirry Tjandra mengatakan, Robot Barista mampu menyajikan 19 pilihan minuman berbasis kopi dalam waktu 1-2 menit. Robot ini juga mampu menghasilkan minuman favorite di FamilyMart yang banyak digemari oleh anak muda terutama di Jadetabek & Bali, seperti KSK – Kopi Susu Kelurga, Dolce Latte, Premium Chocolate, Green Tea, dan lain-lain.

(Baca juga:Serunya Belajar Membuat Kopi Bareng Barista Profesional di Acara Coffee Development Class)

Menurut Wirry, penyajian kopi sepenuhnya dilakukan secaracontactless. “Pemesanan minuman dilakukan di tempat menggunakan layar sentuh,” katanya. Setelah memilih minuman, kemudian dilakukan pembayaran menggunakan e-wallet seperti Dana, Gopay dan Ovo.

Menurut Wirry Tjandra, ide menghadirkan robot ini memakan waktu sekitar enam sampai tujuh bulan. “Kami menghadirkan robot ini untuk mengisi kekosongan space di toko kami seperti di Grand Indonesia kami tempatkan di lower ground. Kalau kami tempatkan di luar mal juga akan membantu memperpanjang jam buka toko kami,” ungkapnya.

(Baca juga:Kenalkan Ella, Barista Robot yang Bikin Pria Ini Cuan Rp500 Miliar)

Wirry mengatakan, saat ini pihaknya tetap fokus menggarap toko offline karena menyerap banyak tenaga kerja. Hingga saat ini FamilyMart mengelola 215 toko di Jabodetabek.

Ke depannya, kata Wirry, Robot Barista akan dipasang di lebih banyak mal atau di outlet store yang masih terdapat space kosong. Harapannya Selain, kehadiran robot ini bisa mendongkrak penjualan di toko.

Menurut Wirry, kehadiran Robot Barista diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat mencoba berbagai minuman berbasis kopi dan minuman lainnya dan diharapkan menciptakan repeat order melalui toko FamilyMart.

(Baca juga:OttenMatic, Ketika Kopi Anda Diseduh oleh Barista Robot)

Robot Barista juga diharapkan dapat meningkatkan gairah masyarakat untuk mencoba berbagai minuman berbasis kopi dan juga minuman lainnya. Harapannya kemudian dapat melakukan pembelian berikutnya ke barista di berbagai toko FamilyMart, sehingga dapat mendorong pertumbuhan bisnis dan ekonomi.

Atas inovasinya menghadirkan Robot Barista ini membuat Family Mart menerima piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai peritel modern pertama yang menyediakan layanan robot untuk pemesanan minuman kopi. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh CEO FamilyMart Indonesia, Wirry Tjandra.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)