Dibangun 2022, Ini Dia Profil Underpass Simpang Joglo Kota Solo

Senin, 10 Januari 2022 - 08:59 WIB
loading...
Dibangun 2022, Ini Dia Profil Underpass Simpang Joglo Kota Solo
Pembangunan Underpass Simpang Joglo Kota Surakarta tahun ini. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai pembangunan Underpass Simpang Joglo Kota Surakarta di akhir tahun 2022 untuk mendukung dimulainya pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan–Kalioso dan Rekayasa Lalulintas guna kelancaran mobilitas.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan simpang Joglo sejak lama bermasalah, padahal jalur ini merupakan jalur logistik nasional non-tol penghubung Surabaya-Jakarta.

"Kita Kementerian PUPR akan mendukung dengan membangun underpass dibawahnya, sekarang ini sedang kita siapkan untuk pembebasan lahan dan desain underpassnya, dan kita harapkan pada awal semester II tahun 2022 sudah kita siapkan penyedia jasanya sehingga akhir 2022 sudah mulai konstruksi," ujar Hedy Rahadian pada keterangan tertulisnya, Senin (10/1/2022).



Hedy mengatakan Kementerian PUPR akan melakukan pembangunan Underpass Jalan Nasional Jl. Ki Mangunsarkoro– Jl.Sumpah Pemuda. Selain itu pihaknya juga akan melakukan penyusunan desain manajemen lalu lintas simpang Joglo Kota Surakarta dan memberikan masukan teknis dalam pembangunan jalan layang kereta api. "Seluruh pekerjaan direncanakan akan selesai pada tahun 2024," jelasnya.



Underpass Simpang Joglo Kota Solo memiliki total panjang total 434 meter dengan lebar 18 meter, dan konstruksinya ditargetkan akan rampung pada 2024 mendatang," tambah Hedy Rahadian. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menambahkan bahwa kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah akan memberikan hasil yang baik pula.

"Jadi apa yang kita kerjakan antara pemerintah pusat dan daerah, dibantu TNI, Polri hingga BUMN, kalau gotong royong pasti selesai itu," kata Ganjar.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)